Selasa 27 Feb 2024 10:12 WIB

Espargaro dan Vinales tak Sabar Memulai MotoGP 2024 di Qatar

Espargaro dan Aleix berada di urutan ketiga dan keenam klasemen akhir tes pramusim.

Aleix Espargaro dari Aprilia Racing
Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Aleix Espargaro dari Aprilia Racing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, mengaku tidak sabar untuk segera memulai MotoGP musim 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-10 Maret.

“Saya pasti siap untuk memulai musim ini,” kata Espargaro, dikutip dari keterangan Piaggio Indonesia, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga

Kedua pembalap pun sepakat bahwa performa mereka bersama motor Aprilia RS-GP24 di seluruh rangkaian tes pramusim MotoGP 2024 ini baik dan kompetitif. Pada rangkaian tes pramusim di Qatar, beberapa waktu lalu, Espargaro dan Aleix masing-masing berada di urutan ketiga dan keenam klasemen akhir.

“Sesi uji coba sering dianggap bukanlah ajang balapan yang sesungguhnya, tetapi tampil cepat di pramusim tetap penting untuk meningkatkan kepercayaan diri,” kata Espargaro.

Ia melanjutkan, kerja keras yang dilakukan oleh tim balap asal Italia selama musim dingin menuai hasil manis dengan hadirnya prototipe terbaru Aprilia yang terbukti dapat tampil adaptif dan mampu bersaing ketat dengan motor-motor pesaing yang super cepat.

“Saya harus memberikan pujian kepada seluruh tim Aprilia Racing, karena RS- GP24 adalah motor terbaik yang pernah saya kendarai,” ujar Espargaro.

Meski demikian, pembalap asal Spanyol tersebut menilai saat motor melaju kencang, kekuatan yang dihasilkan masih kurang untuk bisa memaksimalkan cengkeraman ban belakang. Padahal, kecepatannya sangat bagus.

Sependapat, Vinales mengatakan ia ingin lebih banyak meluangkan waktu untuk melakukan pengaturan motor, karena ia merasa belum memberikan 100 persen.

“Namun situasinya sangat baik, terutama karena kami sudah berkembang di sektor-sektor tercepat yang cukup menyulitkan pada tahun lalu,” kata Vinales.

“Saya masih belum sepenuhnya puas dengan engine brake, terutama pada long run, tapi itu bisa diatasi dengan penyetelan pengaturan dan bisa kami perbaiki selama balapan pada akhir pekan.”  

Di sisi lain, MotoGP 2024 menjanjikan persaingan yang semakin sengit dan menantang. Kehadiran tim-tim serta pembalap yang siap untuk tampil kompetitif demi memperebutkan gelar juara dunia musim ini menjadi alasannya.

Selain Espargaro dan Vinales di tim pabrikan, Aprilia juga turut berkompetisi bersama Raul Fernandez dan Miguel Oliveira dari Tim Trackhouse dan siap untuk bersaing bersama para pembalap top lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement