Rabu 28 Feb 2024 09:10 WIB

Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan Tunjuk Hwang Sun-hong Gantikan Klinsmann Jadi Caretaker

Hwang Sun-hong memimpin timnas Korsel U-23 meraih emas di Asian Games 2022.

Hwang Sun-hong
Foto: EPA/YONHAP
Hwang Sun-hong

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) mengumumkan pada Selasa (27/2/2024) bahwa mereka telah memilih Hwang Sun-hong sebagai pelatih kepala sementara menggantikan Jurgen Klinsmann. Pelatih tim U-23 ini akan mempersiapkan timnas senior untuk kualifikasi Piala Dunia 2026.

Komite Tim Nasional, sebuah badan penasihat KFA, telah mencari pengganti setelah memecat Klinsmann, menyusul tersingkirnya Taegeuk Warriors di semifinal Piala Asia dan di tengah kritik terhadap kepemimpinannya.

Baca Juga

Hwang, 55 tahun, memimpin tim nasional U-23 meraih medali emas di Asian Games Hangzhou 2022, dan merupakan anggota skuad Piala Dunia 2002 yang mencapai semifinal di kandang sendiri di bawah asuhan pelatih asal Belanda, Guus Hiddink.

Hwang adalah pilihan nomor 1 karena pengalamannya dan dia akan melanjutkan perannya dengan tim U-23 setelah memimpin tim nasional melalui dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Thailand pada bulan Maret, kata Jung Hae-sung, yang mengepalai komite.

"Komite kami, sementara itu, akan mengadakan diskusi mendalam untuk menunjuk pelatih penuh waktu, meninjau jenis sepak bola seperti apa yang ingin kami kejar dan gaya pelatih yang kami butuhkan," kata Jung dalam sebuah konferensi pers, dikutip Reuters.

KFA memberhentikan Klinsmann setelah Korea Selatan tersandung di babak semifinal Piala Asia. Hasil ini memperpanjang penantian mereka selama 64 tahun untuk meraih gelar ketiga dan menghidupkan kembali kritik terhadap kepemimpinan pelatih asal Jerman itu.

Hwang akan merangkap sebagai pelatih tim nasional dan juga mempersiapkan skuad U-23 untuk Piala Asia Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024, yang akan dimulai pada bulan April di Qatar.

Dia juga harus mengatasi pertikaian di skuad nasional setelah pertengkaran yang dipublikasikan dengan baik antara kapten Son Heung-min dari Tottenham Hotspur dan rekan setimnya, Lee Kang-in dari Paris Saint-Germain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement