Kamis 29 Feb 2024 05:54 WIB

Casemiro Jadi Pahlawan Kemenangan MU di Piala FA, Jumpa Liverpool di Perempat Final

Manchester United mengalahkan Nottingham Forest 1-0 lewat gol Casemiro.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Duel Nottingham Forest vs Manchester United di Piala FA. MU meraih kemenangan 1-0 lewat gol Casemiro.
Foto: AP
Duel Nottingham Forest vs Manchester United di Piala FA. MU meraih kemenangan 1-0 lewat gol Casemiro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Casemiro mencetak gol penentu kemenangan saat Manchester United mengalahkan Nottingham Forest 1-0 di City Ground pada Kamis (29/2/2024) dini hari WIB. Gol gelandang Brasil ini memastikan tempat MU di perempat final Piala FA. MU akan menghadapi musuh bebuyutannya Liverpool di delapan besar.

Pertandingan putaran kelima tersebut tampaknya akan menuju babak perpanjangan waktu. Namun sundulan Casemiro pada menit ke-89 mengirim juara Inggris 20 kali itu ke babak delapan besar, di mana mereka akan menghadapi Liverpool di Old Trafford.

Baca Juga

Sofyan Amrabat, Scott McTominay dan Antony masuk skuad Setan Merah setelah kekalahan kandang dari Fulham di Liga Primer Inggris pada akhir pekan lalu. Harry Maguire, Kobbie Mainoo, dan Omari Forson keluar. 

Sedangkan untuk Forest, Matt Turner, Harry Toffolo, Ryan Yates, dan Divock Origi masuk ke dalam starting XI menyusul kekalahan 4-2 di Aston Villa di liga terakhir kali.

MU nyaris membuat terobosan pada menit keempat ketika tendangan sudut yang dilakukan dengan baik oleh Bruno Fernandes memberikan umpan kepada Antony setelah melakukan kombinasi dengan Alejandro Garnacho. Namun tendangan kuat pemain internasional Brasil itu membentur mistar gawang untuk memberi keuntungan bagi tim tuan rumah.

Tim tamu mendapat peluang besar lainnya pada menit ketujuh ketika Diogo Dalot meneruskan sundulan McTominay. Namun pemain internasional Skotlandia itu menyundul langsung ke arah Turner dari dalam kotak. Di sisi lain, kiper Man United Andre Onana terpaksa beraksi untuk menahan serangan Origi setelah kecepatan mantan penyerang Liverpool itu menjauhkannya dari Amrabat, yang bermain sebagai bek kiri.

Taiwo Awoniyi kemudian mendapatkan dua peluang secara berurutan, namun kedua upayanya diblok oleh Victor Lindelof, dan Forest mulai menemukan ruang di sepertiga akhir lapangan. Marcus Rashford kemudian melepaskan tembakan yang melewati mistar gawang Forest pada menit ke-17, sebelum Onana melakukan penyelamatan cerdas untuk menggagalkan serangan Awoniyi.

McTominay kembali mendapat peluang sundulan pada menit ke-33 setelah umpan silang luar biasa dari Dalot, namun pemain internasional Skotlandia itu kembali digagalkan oleh Turner, sebelum tendangan Neco Williams membentur mistar gawang dengan tendangan keras di sisi lain, kedua tim pun tetap imbang pada tahap akhir babak pertama.

Onana melakukan penyelamatan cerdas untuk menahan serangan Awoniyi pada awal babak kedua. Penjaga gawang Man United kembali beraksi pada menit ke-51 untuk menggagalkan upaya Origi, yang melepaskan satu tembakan ke arah belakang gawang.

Turner melakukan penyelamatan yang kuat untuk menggagalkan serangan Antony pada menit ke-58, sebelum tendangan penalti MU ditolak setelah Rashford terjatuh di dalam kotak penalti karena tekel dari Murillo.

Fernandes mengirimkan satu tembakan tepat di atas mistar gawang Forest pada menit ke-63, sebelum tendangan pemain internasional Portugal itu diblok melebar dari tiang gawang tim tuan rumah oleh rekan setimnya sendiri McTominay tiga menit kemudian.

Amad Diallo mendapat peluang di tiang jauh pada menit ke-76 setelah tendangan Garnacho dibelokkan dengan baik olehnya. Sayangnya, pemain Pantai Gading itu tidak mampu memanfaatkan peluang tersebut, sebelum Onana melakukannya dengan baik untuk menggagalkan tendangan jarak jauh Murillo.

Rashford melepaskan tendangan liar yang melebar dari gawang Forest pada menit ke-82. AKhirnya, Casemiro yang gagal mencetak gol dua menit kemudian, menebusnya pada menit ke-89. Ia menyundul umpan tendangan bebas Fernandes ke gawang dari jarak dekat.

Ada pemeriksaan VAR yang panjang untuk mengetahui apakah Raphael Varane dan Casemiro berada dalam posisi offside. Namun gol ini akhirnya disahkan, dan terbukti cukup bagi tim asuhan Erik ten Hag untuk memastikan tempat mereka di perempat final Piala FA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement