Jumat 01 Mar 2024 13:31 WIB

Ronaldo Dijatuhi Larangan Satu Laga dan Denda Usai Selebrasi yang Dianggap tak Patut

Ronaldo kesal atas pendukung Al Shabab yang meneriakkan nama Lionel Messi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Cristiano Ronaldo dari AL-Nassr
Foto: EPA
Cristiano Ronaldo dari AL-Nassr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapten Al-Nassr Cristiano Ronaldo telah dijatuhi larangan satu pertandingan oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) karena responsnya terhadap nyanyian tentang Lionel Messi.

Pemain berusia 39 tahun itu terekam merayakan gol yang dicetak dalam kemenangan tandang 3-2 Al-Nassr melawan Al Shabab, Ahad lalu, dengan gesture tak senonoh. Ia menggerakkan tangannya ke depan di depan area panggulnya, seperti menirukan gerakan bermasturbasi, sebagai respons terhadap sebagian penonton yang meneriakkan nama Messi.

Baca Juga

Perayaan Ronaldo tidak terekam oleh saluran penyiaran lokal, tapi kemudian diunggah ke media sosial. Akibatnya Al Shabab mengajukan keluhan, seperti dilaporkan outlet berita Arab Saudi, Arriyadiyah.

Setelah ditinjau oleh SAFF, Ronaldo dikatakan telah melanggar Pasal 57-1 Peraturan Disiplin dan Etika dan kemudian dijatuhi skorsing satu pertandingan. Ia terpaksa hanya menonton dari tribun selama pertandingan Al-Nassr yang berakhir imbang 4-4 ​​melawan Al-Hazm, Rabu (28/2/2024).

Ronaldo juga harus membayar denda sebesar 30.000 Riyal Saudi (Rp 41 juta) atas sikapnya yang dianggap 'memprovokasi' suporter di dalam stadion.

Seperti yang dikutip oleh Mirror, artikel tersebut menyatakan,"Siapa pun yang menyebabkan kegembiraan publik dengan tindakan, kata-kata, atau isyarat selama pertandingan apa pun akan dihukum skorsing untuk satu pertandingan, dan akan dihukum dengan denda 10.000 riyal."

Meskipun Ronaldo membantah tuduhan bahwa ia telah melakukan tindakan 'tercela', komite disiplin dan etika SAFF mengatakan bahwa pemain Portugal itu tidak dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut.

"Saya menghormati semua klub, dan gerakan dalam tembakan mengekspresikan kekuatan dan kemenangan, dan tidak memalukan. Kami sudah terbiasa dengan hal itu di Eropa, itulah yang saya soroti," kata Ronaldo.

Persaingan antara Ronaldo dan Messi memikat dunia olahraga ketika kedua pemain tersebut berkompetisi di Eropa selama hampir dua dekade. Hingga Ronaldo memilih menjadi headline transfer sepak bola dunia ketika pindah ke Al-Nassr dari Manchester United pada Januari 2023.

Ronaldo dan Messi meraih 12 dari 13 penghargaan Ballon d'Or antara mereka dari tahun 2008 hingga 2021. Satu gelar luput dari kedua selama periode ini, yang dimenangkan Luka Modric pada tahun 2018.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement