Jumat 01 Mar 2024 16:06 WIB

Rodri Selangkah Lagi Pecahkan Rekor Pemain tak Terkalahkan

Rodri mencatatkan 58 penampilan tak terkalahkan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Gelandang Manchester City Rodri (kanan)
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Gelandang Manchester City Rodri (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rodri mendekati rekor yang akan membuatnya menjadi pemain invincible terhebat di sepak bola Inggris dalam derby Manchester pada Ahad (3/3/2024). Manchester City yang diperkuat Rodri terakhir kali kalah dalam pertandingan di kandang Tottenham pada Februari 2023. Sejak itu, ia mencatatkan 58 penampilan tak terkalahkan, menyamai rekor yang dibuat oleh mantan bek Chelsea Ricardo Carvalho.

Hasil imbang atau kemenangan bagi sang gelandang melawan Manchester United akhir pekan ini akan membuatnya melampaui pencapaian tersebut. Ini menekankan, sekali lagi, pentingnya dirinya bagi tim asuhan Pep Guardiola.

Baca Juga

Tidak heran jika rekan setimnya di City mengklaim bahwa pemain berusia 27 tahun itu layak bersaing mendapatkan salah satu penghargaan pemain terbaik di sepak bola.

Ketika ditanya apakah Rodri pantas untuk mendapatkan Ballon d’Or, kapten City Kyle Walker menilai, dia seharusnya layak untuk mendapatkannya. Ini mengacu aksinya sepanjang musim lalu, prestasi City yang meraih treble musim lalu, serta Rodri yang menjadi spesialis di posisinya.

"Dia juga tidak punya media sosial. Saya tidak tahu, mungkin itu dia," kata Walker dikutip dari Talksport, Jumat (1/3/2024).

Bukan suatu kebetulan bahwa City tidak terkalahkan dengan Rodri dalam susunan pemain mereka selama lebih dari setahun. Ketika dia diskors pada awal musim, setelah mendapat kartu merah melawan Nottingham Forest, City kalah dalam tiga pertandingan tanpa dia di Newcastle, Wolves, dan Arsenal.

City berupaya merekrut Declan Rice dari West Ham pada musim panas sebelum dia memilih untuk bergabung dengan Arsenal dengan harga 105 juta poundsterling. Walker adalah penggemar berat Rice yang berusia 25 tahun. Namun menurut Walker, Rice belum mencapai level Rodri.

"Saya rasa tidak ada gelandang bertahan yang lebih baik di dunia saat ini selain Rodri. Rice bermain sangat baik dan Mikel Arteta dapat mengajarinya filosofi dan mungkin cara Rodri tumbuh dewasa di Barcelona. Rice punya kemampuan lebih dari cukup untuk melakukan hal itu, tapi dia belum siap," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement