Rabu 14 Feb 2024 13:32 WIB

Rio Ferdinand Sebut Rodri Pemain Paling Penting Bagi Kesuksesan Manchester City

Rodri tampil sangat apik saat Manchester City mengalahkan FC Copenhagen 3-1.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gelandang Manchester City Rodri
Foto: AP Photo/Paul White
Gelandang Manchester City Rodri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City menang 3-1 dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan FC Copenhagen di Stadion Parken, Rabu (14/2/2024) dini hari WIB. Menurut Rio Ferdinand yang menjadi pundit di TNT Sports, kemenangan City tidak terlepas dari pengaruh Rodri yang tampil tenang.

"Rodri pemain paling penting bagi tim manapun di Liga Primer," kata Rio Ferdinand setelah menyaksikan pemain asal Spanyol tersebut memimpin timnya untuk meraih kemenangan 3-1 atas Copenhagen di Liga Champions.

Baca Juga

Rodri membantu City menguasai lini tengah. Itu alasan utama City akhirnya mampu menjauh dari tuan rumah meskipun sempat kebobolan gol penyama kedudukan pada babak pertama.

"Ia sangat fenomenal dan ia adalah seorang dirigen dalam tim ini. Sudah lebih dari satu tahun mereka tidak pernah kalah ketika ia bermain di tim ini. Itulah betapa pentingnya dia. Saya pikir dia mungkin pemain paling penting bagi tim mana pun di Liga Primer," kata Ferdinand dalam ulasannya di TNT Sports.

Rodri memainkan peran kunci dalam kemenangan City mencetak sejarah treble pada musim lalu. Ia mencetak gol kemenangan melawan Inter untuk mengklaim mahkota Liga Champions pertama mereka di final.

Sejak tiba di Stadion Etihad pada musim panas 2019 dari Atletico Madrid, pemain berusia 27 tahun itu telah memenangi tiga gelar Liga Primer berturut-turut, Piala FA, dua Piala Liga, dan Piala Dunia Antarklub FIFA, serta gelar Eropa musim lalu. Sang gelandang telah menjadi sosok kunci selama periode kesuksesan tersebut, membuat 236 penampilan untuk City dan menghasilkan 23 gol dan 23 assist.

Joleon Lescott menjelaskan apa yang membuat pemain internasional Spanyol ini menjadi sosok penting bagi tim asuhan Pep Guardiola. "Dia penting ketika mereka kehilangan bola," ujar mantan pemain bertahan Manchester City ini.

"Kemampuannya untuk membaca permainan, meredam serangan, terutama di atas lapangan. Ketika orang mengatakan atribut defensif, mereka cenderung berpikir tentang dekat dengan gawang, tetapi dia memenangi bola kembali dan memaksa permainan menjadi begitu tepat dan tinggi di atas lapangan. Dia sangat penting bagi tim."

Pertandingan berikutnya bagi City adalah pertandingan melawan Chelsea di pada Sabtu (17/2/2024). Mereka kemudian akan menghadapi Brentford, Bournemouth dan Manchester United di liga dan Luton Town di Piala FA sebelum pertandingan leg kedua melawan Copenhagen pada 7 Maret dini hari WIB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement