Senin 04 Mar 2024 00:40 WIB

Manchester City Kembali Permalukan Manchester United di Derby Manchester

Manchester City mengalahkan Manchester United 3-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Phil Foden (tengah) dari Manchester City merayakan gol pertama timnya dalam pertandingan Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Manchester United, di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad (3/3/2024).
Foto: EPA
Phil Foden (tengah) dari Manchester City merayakan gol pertama timnya dalam pertandingan Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Manchester United, di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad (3/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City meneruskan catatan positifnya setiap berhadapan dengan Manchester United (MU) pada laga derby Manchester. Kali ini Man City menggebuk Man United 3-1 di Stadion Etihad pada Ahad (3/3/2024). Ini merupakan kemenangan kelima City dari enam pertemuan terakhir kontra MU di semua ajang.

Hasil ini menempatkan City kembali menempel ketat pemuncak klasemen Liverpool. Dengan nilai 62 dari 27 laga, the Citizens hanya terpaut satu poin di bawah Liverpool.

Baca Juga

Adapun bagi MU, hasil ini menempatkan Setan Merah makin sulit menembus empat besar. Tim asuhan Erik Ten Hag tertahan di posisi enam dengan nilai 44, terpaut 11 angka dari Aston Villa yang menempati peringkat keempat.

MU yang menggunakan taktik bertahan menjalani 45 menit awal dengan nyaris sempurna. Setan Merah yang ditekan justru unggul lebih dulu pada menit kedelapan lewat tendangan keras Marcus Rashford dari luar kotak penalti.

Gol berawal dari tendangan langsung kiper Andre Onana ke Bruno Fernandes yang merangsek ke depan. Fernandes menahan bola, menanti rekannya datang. Rashford yang tak terkawal kemudian mendapatkan sodoran bola dari Fernandes. Dengan kekuatan penuh, Rashford melepas tendangan yang mengenai mistar bagian dalam sebelum menembus gawang Man City yang dijaga Ederson.

MU bertahan dengan baik dari gempuran City. Andre Onana membuat penyelamatan-penyelamatan penting dari percobaan Phil Foden. MU juga beruntung Erling Haaland gagal meneruskan bola di depan gawang kosong untuk menyamakan skor. MU unggul 1-0 pada babak pertama.

MU masih tampil dengan disiplin pada babak kedua. Namun aksi brilian Foden yang membuat gerakan memotong ke dalam kemudian melepaskan tendangan keras membuat skor imbang 1-1. Bola sepakannya mengalir deras ke sudut kiri atas yang tak bisa dijangkau Onana.

Gol pada menit ke-56 ini sempat diprotes pemain MU karena sebelumnya saat melancarkan serangan balik Rashford merasa dijatuhkan secara ilegal oleh bek City Kyle Walker. Namun wasit Andy Madley menilai tarikan kecil Walker kepada Rashford tak cukup signifikan sebagai pelanggaran.

City akhirnya balik memimpin pada menit ke-80. Kali ini Foden memanfaatkan kesilapan pemain MU yang alpa menjaga pergerakan tanpa bolanya. Foden yang menerima bola dari Julian ALvarez menggiring si kulit bundar dari sisi kanan pertahanan MU memasuki kotak penalti. Ia kemudian melepaskan tendangan menyilang menyusur rumput yang tak bisa dihentikan Onana.

Harapan MU untuk setidaknya menyamakan skor sirna karena pada menit pertama injury time pemain pengganti Sofyan Amrabat membuat kesalahan dalam penguasaan bola. Bola direbut Rodri yang kemudian menyodorkan kepada Haaland. Dengan mudah, Haland mengecoh Onana dengan satu tendangan menyilang untuk membuat skor 3-1 yang tak berubah hingga laga berakhir.   

  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement