Selasa 05 Mar 2024 22:17 WIB

Barcelona Incar Pelatih Masa Lalu Sebagai Pengganti Xavi Hernandez

Sosoknya pernah membawa Barcelona meraih treble.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mantan Pelatih Barcelona FC Luis Enrique.
Foto: JUANJO MARTIN/EPA
Mantan Pelatih Barcelona FC Luis Enrique.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA -- Barcelona akan berupaya membawa manajer Spanyol berusia 53 tahun, Luis Enrique, kembali ke Catalunya saat mereka mencari jalan untuk memulai pembicaraan dengannya. Menurut laporan media Spanyol Fichajes, Luis Enrique menjadi incaran Barcelona, mengutip dari The Hard Tackle.

Deco dan Joan Laporta dilaporkan mendorong perpindahan manajer berusia 53 tahun itu untuk menggantikan Xavi Hernandez menjelang musim 2024/2025. Dan juara bertahan La Liga ingin membuka pembicaraan dengannya dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga

Luis Enrique adalah salah satu manajer terbaik dalam satu dekade terakhir. Berasal dari Gijon, dia adalah seorang gelandang selama menjadi pesepak bola. Menariknya, pria asal Spanyol ini termasuk dalam kelompok pemain langka yang mewakili Real Madrid dan Barcelona, ​​​​menghabiskan sebagian besar karirnya bersama klub-klub tersebut setelah memulai kariernya di tim masa kecil Sporting de Gijon.

Pria berusia 53 tahun ini memasuki dunia manajerial pada tahun 2008, mengambil alih tim cadangan Barcelona. Namun ia menjadi terkenal selama bertugas bersama AS Roma dan Celta Vigo sebelum kembali ke Barcelona pada tahun 2014. Enrique menikmati kesuksesan luar biasa bersama Blaugrana, memenangkan treble di musim pertamanya.

Ahli taktik asal Spanyol ini memenangkan sembilan trofi dalam tiga tahun bersama Barcelona, ​​mengangkat trofi Copa del Rey di setiap musim. Pekerjaan Enrique berikutnya adalah bersama tim nasional Spanyol, mengelola La Roja selama hampir empat tahun. Namun masa kerjanya berakhir pada tahun 2022, dan ia bergabung dengan Paris Saint-Germain jelang musim 2023/2024.

Luis Enrique menikmati musim 2023/2024 yang solid bersama PSG, dengan Les Parisiens kemungkinan akan kembali mengangkat gelar Ligue 1. Selain itu, ia berharap dapat membimbing Les Parisiens meraih mahkota Liga Champions. Tapi kembalinya ke Barcelona mungkin akan terjadi, dengan Deco dan Joan Laporta sedang mencari pembicaraan mengenai kemungkinan kepindahan.

Raksasa Catalan sedang mencari seorang manajer, dengan Xavi Hernandez akan meninggalkan klub ketika musim 2023/2024 berakhir. Beberapa kandidat, termasuk Julian Nagelsmann, muncul dalam radar Barcelona. Tapi Enrique juga merupakan target yang layak, mengingat dia mengenal klub tersebut luar dalam.

Belum jelas apakah mantan manajer peraih treble berusia 53 tahun itu terbuka untuk bergabung kembali dengan Barcelona musim panas ini. Namun mungkin mengejutkan melihat Enrique meninggalkan PSG setelah hanya satu musim, apalagi jika mereka tidak memenangkan Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement