Kamis 07 Mar 2024 08:00 WIB

Erling Haaland Cetak Rekor Gol Lagi di Liga Champions

Haaland menyamai torehan gol Sergio Aguero di Liga Champions.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Manchester City Erling Haaland
Foto: EPA-EFE/ASH ALLEN
Penyerang Manchester City Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erling Haaland telah mencetak rekor baru lagi di Liga Champions. Ia menyamai jumlah gol Sergio Aguero di kompetisi antarklub terelite Eropa itu setelah membobol gawang FC Copenhagen, Kamis (7/3/2024) dini hari WIB.

Pemain asal Norwegia ini mencetak gol ketiga dalam kemenangan 3-1 Manchester City di Etihad yang mengamankan tiket mereka ke perempat final.

Baca Juga

Gol Haaland mengembalikan keunggulan dua gol bagi tuan rumah, setelah Copenhagen memperkecil ketertinggalan menyusul dua gol awal dari Manuel Akanji dan Julian Alvarez.

Gol tersebut juga mengangkat Haaland ke puncak daftar pencetak gol Liga Champions, dalam karier yang relatif singkat sejauh ini.

Gol tersebut berarti Haaland kini telah mencetak 41 gol di Liga Champions, menyamai jumlah yang diraih Aguero sepanjang kariernya di kompetisi tersebut. Haaland menempati peringkat 19 dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa, seperti dikutip dari Sportsmole.

Yang membuat pencapaian ini lebih luar biasa adalah Haaland membutuhkan 42 pertandingan lebih sedikit karena produktivitasnya yang mengagumkan.

Hanya dalam 37 pertandingan Liga Champions, Haaland mencetak delapan gol dalam enam pertandingan untuk Red Bull Salzburg, 15 gol dalam 13 pertandingan untuk Borussia Dortmund, dan 18 gol dan terus bertambah hanya dalam 19 pertandingan untuk Man City.

Dengan pencapaian pemain asal Norwegia ini, ia kini hanya tertinggal satu gol dari legenda Juventus, Alessandro Del Piero, dan terpaut dua dari total rekor Neymar di kompetisi ini.

Haaland baru setengah jalan untuk menyamai jumlah gol Aguero selama berseragam City, karena pemain Argentina itu tetap menjadi pencetak gol terbanyak klub di Liga Champions dengan 36 gol.

Pep Guardiola membuat kejutan dengan menjadikan pemain berusia 23 tahun tersebut sebagai starter, mengingat City hampir mustahil terjegal setelah kemenangan 3-1 pada leg pertama. Terlebih laga tandang di markas Liverpool sudah di depan mata.

Namun Guardiola beralasan ingin memainkan sang striker untuk membangun ritme setelah ia beristirahat panjang karena cedera baru-baru ini. Terlebih sejumlah pertandingan potensial yang menentukan musim akan datang.

City akan bertandang ke Anfield selanjutnya, kemudian Newcastle di perempat final Piala FA, sebelum Arsenal dan Aston Villa datang ke Etihad berturut-turut di Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement