Jumat 08 Mar 2024 20:53 WIB

Vs Vietnam, Ketum PSSI: Nathan Berpotensi Tampil, Tom Haye dan Ragnar Masih Proses

Nama-nama tersebut, telah dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk dua laga nanti.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo, dan Nathan Tjoe-A-On?
Foto: DPR RI
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menpora Dito Ariotedjo, dan Nathan Tjoe-A-On?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menggambarkan situasi terkini, proses naturalisasi beberapa pemain keturunan di tim nasional Indonesia. Ada Ragnar Oratmagen, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, serta Tom Haye.

Nama-nama tersebut, telah dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk dua laga terdekat. Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertanyaannya, apakah mereka semuanya, bisa diturunkan? 

Baca Juga

Berikut penjelasannya. Erick menerangkan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sudah mengeluarkan surat persetujuan. Isinya agar para pemain ini, bisa mengangkat sumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI). Selanjutnya, tentu, mereka mendapat nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), juga Passport. 

"Proses ini masih berjalan, jadi jangan dipikir, karena kemarin proses sudah baik, lalu Tom Haye sama Ragnar bisa main. Karena deadline pendaftarannya, tgl 13 (Maret 2024). Sedangkan tgl 11 (Maret) sudah libur, kita lagi coba. Hari ini kita maksimalkan, dan kalau bisa tgl 13 angkat sumpah, sehingga kita bisa register ke FIFA," kata Ketum PSSI kepada awak media, Jumat (8/3/2024).

Artinya, PSSI dan semua pihak terkait berupaya melakukan yang terbaik. Sehingga STY bisa menampilkan skuat lengkap untuk agenda terdekat. Namun semua harus jalur semestinya.

"Nathan dan Jay akan angkat sumpah juga. Sesudah Nathan terus Jay. Jadi, yang potensial bermain, justru Nathan. Kalau Tom Haye dan Ragnar, masih proses," ujar Erick.

Masih ada satu nama lagi yang diharapkan bisa segera bergabung. Dia adalah Maarten Paes. Sosok tersebut, merupakan penjaga gawang FC Dallas di Major League Soccer (MLS).

Menurut Erick, saat ini sang kiper belum bisa datang ke Jakarta. Itu karena yang bersangkutan sedang fokus di MLS.  Ia juga berharap tahun ini, pesepak bola yang pernah memperkuat timnas Belanda U-21 itu bisa berkostum merah-putih.

"Maarten tidak bisa datang, karena kan MLS masih bermain. Kalaupun nanti proses di FIFA lancar, Maarten baru bisa memperkuat (timnas Indonesia) di Bulan Juni atau setelah Juni," ujar tokoh yang juga menjabat sebagai Menter BUMN ini.

Indonesia dan Vietnam tergabung di Grup F, putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Garuda bakal dua kali bertemu the Golden Star Warriors, dalam bulan ini. Pertama, duel berlangsung di Jakarta. 

Tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB. Lima hari berselang, pertempuran para elite Asia Tenggara ini berlanjut di Hanoi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement