Senin 11 Mar 2024 06:28 WIB

Dewa United Pecahkan Rekor Assist Terbanyak IBL Saat Taklukkan Satya Wacana Salatiga

Dewa United membuat 44 assist saat menaklukkan Satya Wacana Salatiga 126-85.

Point guard remaja Dewa United Radithyo Wibowo (kiri) memasukkan bola saat melawan Satya Wacana Salatiga di kompetisi IBL.
Foto: Dok Dewa United
Point guard remaja Dewa United Radithyo Wibowo (kiri) memasukkan bola saat melawan Satya Wacana Salatiga di kompetisi IBL.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewa United Banten Basketball kembali mencatat sejarah baru dalam kompetisi basket IBL. Klub yang bermarkas di Tangerang itu memecahkan rekor assist terbanyak dalam satu laga, setelah membuat 44 assist saat menaklukkan Satya Wacana Salatiga 126-85 pada Ahad (10/3/2024).

Ini kemenangan besar kedua Dewa United setelah sebelumnya mencetak 130 poin ketika melawan Pacific Caesar Surabaya yang juga diselenggarakan di Dewa United Arena, Tangerang, Banten.

Baca Juga

Dewa United hampir saja menyamai rekor 130 poin pada laga sebelumnya. Walau gagal, ada rekor baru tercipta yakni assist terbanyak dengan 44 kali setelah pada laga sebelumnya mencatat 37 kali operan berbuah berujung poin.

Dewa United memasukkan 17 tembakan tiga angka dalam laga melawan Satya Wacana. Jumlah tripoin tersebut sama dengan saat mereka berhadapan dengan Pacific Caesar Surabaya dalam laga sebelumnya.

Bukan itu saja, Dewa United juga menjadi tim pertama IBL yang mencetak 100 poin atau lebih dalam dalam dua pertandingan berturut-turut pada satu musim kompetisi.

Performa menawan ditunjukkan oleh rookie Radithyo Wibowo yang diturunkan sebagai starter Dewa United. Bermain selama 28 menit lebih, point guard remaja ini menorehkan 13 poin, 12 assist, 5 rebound, dan 4 steal. Radithyo adalah keponakan dari point guard veteran Indonesia yang membela klub Amartha Hangtuah Kelly Purwanto.

Lester Prosper juga finis dengan double-double 16 poin dan 11 rebound. Jordan Adams mencetak 30 poin, dan Tavario Miller 25 poin. Dari bangku cadangan, Gelvis Solano mencetak 15 poin dan 7 assist. Hanya Jordan Oei saja yang tidak mencetak poin dari seluruh roster Dewa United kali ini. Namun dia memberikan satu assist dalam lima menit di lapangan.

Kubu Satya Wacana dipimpin oleh Tyree Robinson yang mencetak 31 poin, 13 rebound, 4 steal, 1 assist, dan 1 blok. Robinson yang awalnya disimpan di bangku cadangan terpaksa dikeluarkan karena serangan Satya Wacana yang tak memuaskan. Selain Robinson, Isaac Pito Asrat mampu menyelesaikan laga dengan catatan 20 poin.

Hasil ini memastikan Dewa United menjadi tim pertama di liga yang mencatat delapan kemenangan secara beruntun. Dewa United belum pernah kalah sepanjang musim ini. Sementara, Satya Wacana sudah kalah delapan kali dalam sembilan laga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement