Selasa 19 Mar 2024 16:50 WIB

3 Pemain Andalan Timnas Malah Harus Absen Jelang Lawan Vietnam, Ini Reaksi Shin Tae-Yong

Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis ini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain timnas Indonesia Jordi Amat (kiri) dan Elkan Baggot, dipastikan absen untuk laga melawan Vietnam.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Jordi Amat (kiri) dan Elkan Baggot, dipastikan absen untuk laga melawan Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia tampil tanpa sejumlah sosok andalan pada agenda terdekat. Skuad Garuda akan berhadapan dengan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Awak merah putih dua kali berhadapan dengan Golden Star Warriors di bulan ini. Pertama, di Jakarta. Tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Baca Juga

Lima hari berselang, anak asuh Shin Tae-yong bertandang ke Hanoi. Jordi Amat, Yance Sayuri, serta Elkan Baggott dipastikan absen. STY tenang menyikapi situasi ini. Ia tak terlalu risau. Ia tetap yakin dengan kualitas amunisi yang ada.

"Saya percaya, pemain-pemain yang ada di sini pun pasti bisa menunjukkan yang terbaik," kata juru taktik berkebangsaan Korea Selatan itu di situs resmi PSSI, yang dikutip pada Selasa (19/3/2024).

Lini belakang paling terkena dampak dari absennya tiga nama tersebut. Dua di antaranya merupakan palang pintu, yani Jordi dan Elkan. STY masih bisa mengandalkan Rizky Ridho, Jay Idzes, Wahyu Prasetyo, Justin Hubner, serta Sandy Walsh sebagai bek tengah.

Kedua tim baru saja bertemu, pada awal 2024 lalu. Tepatnya di turnamen Piala Asia. Saat itu, Indonesia menang dengan skor 1-0.

Di sebuah pertanyaan, Hubner antusias menyambut pertandingan ini. Sebuah laga penting. Ia berharap mereka bisa mengulang kesuksesan timnya di Qatar.

"Kami ingin mengalahkan mereka seperti di Piala Asia," kata pemain Wolverhampton Wanderers yang kini menjalani masa peminjaman di klub J-League, Cerezo Osaka itu.

Indonesia dan Vietnam tergabung di Grup F Pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka bersaing dengan Irak serta Filipina. Lalu bagaimana situasi di klasemen sementara?

Irak berada di singgasana dengan mengoleksi enam poin. Setelahnya the Golden Star Warriors, di kursi runner up, mengumpulkan tiga angka.

Awak Garuda di urutan terakhir memiliki satu poin yang sama dengan Filipina di tempat ketiga. Marselino Ferdinan dan rekan-rekan memiliki selisih gol lebih buruk dibandingkan skuad Azkals.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement