Rabu 20 Mar 2024 06:22 WIB

Gelandang Remaja MU Kobbie Mainoo Dipanggil ke Timnas Inggris

Mainoo yang berusia 18 tahun menerima panggilan pertamanya ke timnas Inggris

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gelandang Manchester United Kobbie Mainoo
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Gelandang Manchester United Kobbie Mainoo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi menawan pemain remaja Manchester United, Kobbie Mainoo, membuatnya diganjar panggilan untuk memperkuat timnas Inggris. The Three Lions akan menjalani dua pertandingan persahabatan melawan Brasil dan Belgia dalam beberapa hari mendatang.

Mainoo yang berusia 18 tahun menerima panggilan pertamanya ke timnas Inggris pada Selasa (19/3/2024). Langkah yang bisa membuka peluangnya tampil di Euro 2024 di Jerman pada Juni dan Juli mendatang.

Baca Juga

Mainoo telah dipilih untuk tim Inggris U-21 tetapi dimasukkan juga ke timnas senior asuhan Gareth Southgate menjelang pertandingan melawan Brasil pada Ahad dini hari WIB dan Belgia pada Rabu dini hari WIB, keduanya di Stadion Wembley.

Mainoo, yang sebelumnya mewakili Inggris U-17 dan U-19, telah bermain dengan kedewasaan dan ketenangan sehingga mencatatkan 20 penampilan untuk MU pada musim ini.

Gelandang tersebut bergabung dengan Setan Merah pada usia sembilan tahun dan mencetak debutnya pada awal tahun 2023 dalam pertandingan Piala Liga melawan Charlton.

Mainoo juga memenuhi syarat untuk membela Ghana dan asosiasi sepak bolanya sebelumnya telah menyatakan minatnya untuk memanggilnya.

Persediaan gelandang tengah berkualitas tinggi di Inggris saat ini sedikit. Kalvin Phillips – yang sudah lama menjadi favorit Southgate – tidak dimasukkan ke dalam skuad terbaru dan Jordan Henderson semakin melemah. Declan Rice tampaknya menjadi kepastian bagi Inggris di posisi itu tetapi Mainoo masih bisa masuk ke tim bersamanya, dan di belakang gelandang serang Jude Bellingham, untuk Euro 2024.

Southgate mengumumkan skuadnya untuk pertandingan persahabatan pekan lalu dan semua pemain yang dipanggil oleh pelatih melapor ke kamp pelatihan pada Selasa.

Di antara mereka adalah striker Brentford Ivan Toney, yang dipanggil kembali setelah menjalani larangan delapan bulan karena melanggar peraturan taruhan. Juga menerima panggilan pertama mereka adalah bek Everton Jarrad Branthwaite dan penyerang Newcastle Anthony Gordon.

Bek Liverpool Joe Gomez dipanggil untuk pertama kalinya sejak 2020, tetapi tidak ada tempat untuk Phillips, yang mengalami awal yang sulit dalam masa pinjamannya bersama West Ham dari Manchester City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement