Rabu 20 Mar 2024 22:16 WIB

Bisakah Para Pemain Naturalisasi yang Baru Gabung Langsung Klop, Ini Jawaban Bijak STY

Amunisi baru timnas Indonesia benar-benar bertalenta.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Sandy Walsh di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024).
Foto: Republiika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Sandy Walsh di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia mendapatkan kekuatan tambahan dengan bergabungnya beberapa pemain naturalisasi menjelang pertandingan melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan berlangsung pada 21 dan 26 Maret 2024. Namun, pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan para pemain itu masih butuh adaptasi.

Empat pemain telah merampungkan proses naturalisasi dalam dua bulan terakhir, mereka adalah Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, juga ada Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang baru beberapa hari lalu mengambil sumpah setia sebagai warga negara Indonesia (WNI). Thom dan Ragnar mungkin baru bisa debut saat di Vietnam nanti.

Baca Juga

"Memang ada beberapa pemain baru, dan setelah datang ke Indonesia mereka merasa lingkungannya berbeda, jadi pasti situasi ini tidak mudah untuk mereka adaptasi. Namun, saya percaya pada pemain-pemain tersebut, pagi ini juga kami sudah meeting dan mereka sedang berusaha agar bisa adaptasi dengan baik di lingkungan ini," kata Shin Tae-yong kepada awak media, Rabu (20/3/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu percaya dengan bergabungnya para pemain itu dengan tim, maka itu akan mempermudah mereka untuk beradaptasi. "Saya tidak bisa bicara banyak karena saya belum pernah lihat langusng mereka main dengan Timnas Indonesia. Tentu akan jadi sulit di pertandingan pertama, tetapi saya yakin adaptasi bisa membantu mereka (menyesuaikan diri) dengan baik," ujarnya menambahkan. 

Di sisi lain, Shin Tae-yong mengakui kedatangan mereka dapat menjadi kekuatan baru bagi timnas Indonesia. "Para pemain naturalisasi ini, karena bermain di Eropa, tentu akan jadi kekuatan baik bagi Timnas Indonesia. Dengan keberadaan mereka tentu akan membantu pemain-pemain lokal untuk sama-sama berkembang," kata Shin Tae-yong. 

Dari sisi pemain, Sandy Walsh mengakui masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan pemain baru. Ia mengakui para pemain itu adalah pemain berkualitas. Bek itu mengaku tak segan untuk saling bertukar pengalaman. Menurutnya pelatih juga telah melakukan tugasnya dengan baik untuk menyatukan tim.

"Tentu saja kami mendapat beberapa teman baru yang datang. Mereka berkualitas dan bermain di Eropa. Mereka melakukan latihan dengan baik. Kami perlu bersiap-siap dan saya akan membagi beberapa pengalaman yang saya punya. Kami masih punya waktu hari ini untuk berlatih jelang laga besok," kata Sandy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement