Rabu 20 Mar 2024 23:23 WIB

Spalletti Uji Taktik Baru Saat Italia Ditantang Venezuela di AS

Spalletti diperkirakan akan mengubah tim Italia asuhannya dengan formasi 3-4-2-1.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Italia Luciano Spalletti
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Pelatih timnas Italia Luciano Spalletti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luciano Spalletti diperkirakan akan mengubah tim Italia asuhannya dengan formasi 3-4-2-1 dalam pertandingan persahabatan pembuka melawan Venezuela.

Azzurri terbang ke Miami sore ini dan akan memainkan pertandingan pertama melawan Venezuela di Stadion Chase di Fort Lauderdale pada hari Kamis (21/3/2024).

Baca Juga

Pada hari Ahad malam mereka lanjut akan menghadapi Ekuador di arena Red Bull di New Jersey.

Sang pelatih mengisyaratkan dalam konferensi pers bahwa ia ingin bereksperimen dengan taktik berbeda dari formasi klasik 4-3-3. Ini sebagian terinspirasi oleh banyaknya tim Serie A yang menggunakan tiga bek.

Francesco Acerbi dipulangkan menyusul tuduhan rasisme terhadap bek Napoli Juan Jesus dan Gianluca Mancini dari Roma dipanggil untuk menggantikannya, dikutip dari Football Italia (Rabu (20/3/2024).

Mancini atau Giorgio Scalvini dari Atalanta diharapkan menjadi starter bersama Alessandro Buongiorno dari Torino dan Alessandro Bastoni dari Inter.

Gelandang Arsenal Jorginho menghadapi persaingan dari pemain Juventus, Manuel Locatelli di lini tengah.

Rencananya sistem ini akan menggunakan Lorenzo Pellegrini dan Federico Chiesa dalam peran bebas di belakang penyerang tengah Mateo Retegui.

Hal ini akan memungkinkan mereka untuk menemukan ruang mereka sendiri dan menjadi lebih tidak dapat diprediksi, terutama seperti yang ditunjukkan Chiesa di Juventus bahwa ia kesulitan untuk bertahan pada posisi yang lebih kaku.

Kemungkinan susunan pemain Italia (3-4-2-1): Donnarumma, Mancini, Buongiorno, Bastoni, Di Lorenzo, Barella, Jorginho, Dimarco;  Pellegrini, Chiesa, Retegui. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement