Kamis 21 Mar 2024 17:19 WIB

Rafael Struick Optimistis Timnas Indonesia Menang Lawan Vietnam

Rafael menilai Indonesia punya peluang bagus untuk menang.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Indonesia Rafael Struick (kanan)
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Pemain Indonesia Rafael Struick (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Striker timnas Indonesia Rafael Struick memastikan skuad Garuda siap menghadapi Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam. Ia mengakui skuad berjuluk the Golden Star Warriors sebagai tim kuat, tapi menurutnya tim Merah Putih punya peluang bagus untuk menang.

"Ya kami menghadapi mereka di Piala Asia, mereka lawan yang tangguh. Namun saya pikir kami sangat bagus dan memiliki peluang untuk memenangi pertandingan," kata Rafael kepada awak media beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Penyerang kelahiran Leidschendam, Belanda itu mengakui Vietnam kerap menunjukkan permainan keras saat berhadapan dengan Indonesia. Rafael sebelumnya pernah bermain dengan Vietnam di Piala Asia 2023, dan memastikan permainan kasar Vietnam bukan masalah besar.

"Ya saya tahu (mereka) bermain keras, tapi menurut saya itu normal jika lawan bermain keras. Karena kami juga bermain keras, mungkin mereka juga bermain seperti saya. Tapi itu bagian dari pertandingan dan harus menangani hal itu," ujarnya. 

Menurut pemain ADO Den Haag itu, yang terpenting bagi timnas Indonesia adalah tetap bermain dengan kepala dingin. Fokus pada strategi yang diberikan pelatih dan berusahan untuk memenangkan pertandingan. Pemain berusia 20 tahun itu mengingatkan skuad Garuda bahwa yang terpenting adalah mengamankan tiga poin.

"Ya di lapangan saya harus tetap fokus, jika mereka ingin menendang atau mendorong saya, itu bagian dari pertandingan. Kami harus tetap mencoba menenangkan pertandingan, itu yang terpenting, dan paling penting menghilangkan (emosi) di kepala," kata Rafael.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement