Jumat 22 Mar 2024 18:27 WIB

Bawa Italia Kalahkan Venezuela, Donnarumma Akhirnya Buat Rekor Baru

Untuk kali pertama Donnarumma menggagalkan penalti pada waktu normal.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Kiper timnas Italia Gianluigi Donnarumma
Foto: AP Photo/Andrew Medichini
Kiper timnas Italia Gianluigi Donnarumma

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Kiper tim nasional Italia Gianluigi Donnarumma semringah setelah kubunya mampu menaklukkan Venezuela. Gli Azzurri unggul 2-1 atas La Vinotinto di Chase Stadium, Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat, Jumat (22/3/2024) dini hari WIB.

Donnarumma menggagalkan beberapa peluang lawan. Paling krusial terjadi pada menit ketiga. Saat itu wasit menunjuk titik putih untuk skuad polesan Fernando Batista. Sang kiper menepis bola tendangan Salomon Rondon. 

Baca Juga

Rupanya, ia langsung membuat rekor baru. Ini pertama kalinya Gigio menyelamatkan gawang Italia dari tendangan penalti, selama waktu normal.

"Saya tidak mengetahuinya. Mereka baru saja memberitahuku," kata Donnarumma, sambil tersenyum, dikutip dari Football Italia.

Sebelumnya, ia pernah terlibat di sejumlah adu penalti di Euro 2020. Tepatnya saat timnya jumpa Spanyol dan Inggris. Namun saat itu, bukan di waktu normal.

Ia puas mereka mampu memenangi laga ketat ini. Ia menilai, tensi pertandingan tidak seperti partai persahabatan. Masing-masing tim berusaha agresif di lapangan. 

Venezuela terbukti memberi kesulitan untuk Raksasa Eropa itu. Pada akhirnya, Italia berjaya. Mateo Retegui mencetak brace pada menit ke-40 dan 80. Satu-satunya gol balasan lawan diciptakan oleh Darwin Machis pada menit ke-43.

"Kami senang dengan kinerja yang kami tampilkan. Ini pertandingan yang intens. Mereka melakukan banyak pelanggaran, kami bertahan dengan baik, jadi kami senang," ujar Donnarumma.

Italia sedang mempersiapkan diri menuju agenda penting di depan mata. Anak asuh Luciano Spalletti akan mentas di Piala Eropa 2024. Turnamen antarnegara Benua Biru itu berlangsung di Jerman.

Gli Azzurri berstatus juara bertahan. Tak ada target lain yang mereka usung. Para gladiator Negeri Piza harus mempertahankan yang sudah dicapai.

"Kami memiliki waktu untuk mempersiapkan diri. Pertandingan-pertandingan seperti ini, berguna untuk membentuk kekompakan dalam grup, mengenal diri sendiri," ujar Donnarumma.

Selanjutnya, Italia akan menghadapi Ekuador. Duel tersebut berlangsung di Red Bull Arena, New Jersey, AS, Senin (25/3/2024) pukul 03.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement