Sabtu 23 Mar 2024 18:55 WIB

Verstappen Rebut Pole GP Australia, Sainz di Posisi Kedua Meski Baru Pulih

Sainz menjalani operasi radang usus buntu dua pekan lalu.

Pembalap Red Bull Max Verstappen.
Foto: AP Photo/Darko Bandic
Pembalap Red Bull Max Verstappen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Red Bull Max Verstappen merebut pole position Grand Prix Australia setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Sabtu (23/3/2024).

Ini merupakan pole yang Verstappen raih tiga kali berturut-turut pada Formula 1 musim 2024, setelah menjadi polesitter pada Grand Prix Bahrain dan Grand Prix Arab Saudi, sekaligus posisi pole ke-35 sepanjang karier balap Verstappen di Formula 1.

Baca Juga

Tepat di belakangnya adalah pembalap Ferrari Carlos Sainz, Ia menebar ancaman, walaupun baru kembali dari operasi radang usus buntu dua pekan lalu, dengan margin 0,270 saja dari sang juara bertahan.

“Ini adalah pekan yang cukup sulit bagi saya. Saya menghabiskan banyak waktu di tempat tidur dan menunggu apakah saya bisa melakukan balapan di Australia,” kata Sainz, dalam wawancara singkat usai kualifikasi.

“Untuk bisa mencapai posisi ini pada akhir pekan dan berada di barisan depan untuk balapan besok melalui kualifikasi hari ini, bagi saya, itu adalah hal yang tidak bisa saya percaya,” ujar pembalap Spanyol itu menambahkan.

Melengkapi posisi ketiga adalah pembalap Red Bull Sergio Perez yang terlampau 0,359 detik dari rekan satu timnya.

Lando Norris (McLaren) yang menjadi pesaing terberat Perez untuk mengamankan posisi ketiga harus puas finis di posisi keempat dengan jarak 0,041 detik saja dari sang pembalap Meksiko.

Sementara, Charles Leclerc (Ferrari) yang memuncaki sesi latihan bebas terakhir GP Australia hari ini, melengkapi daftar lima besar dengan selisih 0,520 detik dari Verstappen.

Berada di posisi keenam hingga sepuluh pada balapan kualifikasi, adalah Oscar Piastri (McLaren), George Russell (Mercedes), Yuki Tsunoda (RB), Lance Stroll (Aston Martin), dan Fernando Alonso (Aston Martin).

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton harus memulai balapan dari posisi ke-11 setelah terlihat beberapa kali kesulitan dengan mobilnya.

Sementara, Alex Albon (Williams) yang menggunakan mobil rekan setimnya Logan Sargeant selama Grand Prix Australia akhir pekan ini karena mereka tidak membawa sasis pengganti harus puas finis di posisi ke-12 seperti saat ia menyelesaikan sesi latihan bebas ketiga.

Di sisi lain, balapan utama GP Australia bakal bergulir pada Ahad (24/3) mulai pukul 11.00 WIB.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement