Sabtu 23 Mar 2024 19:29 WIB

Nagelsmann Bertekad Bawa Jerman Juara Euro, Sebut Prancis, Inggris, dan Spanyol Favorit

Jerman akan menghadapi laga persahabatan melawan Prancis pada Ahad dini hari WIB.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Jerman Julian Nagelsmann
Foto: AP Photo/Michael Probst
Pelatih timnas Jerman Julian Nagelsmann

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pelatih tim nasional Jerman Julian Nagelsmann memasang target besar pada Euro 2024. Eks pelatih Bayern Munchen ini ingin timnya menyabet gelar juara ajang prestisius yang digelar di negara sendiri.

Tekad itu disampaikannya jelang laga persahabatan Jerman menghadapi tuan rumah Prancis di Groupama Stadium, Lyon, Ahad (24/3/2024) pukul 03.00 WIB. Ia menjawab pertanyaan wartawan tentang seberapa yakin ia atas peluang Der Panzer menjuarai Euro 2024. Karena berlangsung di kandang mereka sendiri. ada ribuan penggemar yang siap memberikan dukungan dari dekat untuk Toni Kross dan rekan-rekan.

Baca Juga

Nagelsmann menegaskan, sebuah tim harus memiliki target menjadi pemenang, ketika terlibat di suatu ajang. Bukan sekadar penggembira. Setidaknya, itu yang ia yakini.

"Saya ingin sekali juara turnamen (Euro 2024) dengan tim ini. Apakah kami favorit atau tidak, itu hal lain," kata mantan juru taktik Bayern Munchen ini, dikutip dari bavarianfootballworks.com, Sabtu (23/3/2024).

Menurutnya, ada tiga tim yang layak menjadi favorit. Pertama rival yang akan mereka hadapi dalam laga uji coba ini, yakni Prancis. Ia melihat kubu Les Bleus punya amanisi mumpuni di segala lini.

Begitu juga dengan Inggris dan Spanyol. Baik the Theree Lions maupun La Roja diperkuat para pemain-pemain dengan kualitas kelas wahid. 

Namun sepak bola selalu menghadirkan banyak drama. "Pada akhirnya, ketika memasuki babak gugur, performa pada hari itu sangat berperan," ujar Nagelsmann.

Tak berlebihan apa yang dikatakan pelatih berusia 36 tahun itu. Menurut Fox Sports, Inggris dan Prancis berada di daftar teratas tim unggulan Euro 2024. Setelahnya baru Jerman, Spanyol, lalu Portugal.

Der Panzer dalam proses pembangunan kembali. Nagelsmann menggantikan tugas Hansi Flick. Pada era Nagelsmann, Jamal Musiala dan rekan meraih satu kemenangan, tumbang di dua laga, dan satu partai lainnya berkesudahan imbang.

Kekalahan dari Turki dan  Austria meninggalkan pekerjaan rumah untuk Nageslmann. Ia dituntut mengembalikan performa sang raksasa ke jalur semestinya. Kini, ia fokus mencari hasil terbaik di Groupama Stadium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement