Senin 25 Mar 2024 19:47 WIB

Waspadai Kekuatan Vietnam, Ragnar Akui Lawan Tampil Cukup Baik Saat Main di Jakarta

Duel Vietnam versus Indonesia di Hanoi diprediksi memanas sejak menit pertama.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Timnas Indonesia Nathan Noel berebut bola dengan pemain Vietnam dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Pada pertandingan itu Indonesia menang dengan skor 1-0. Gol timnas Indonesia lahir dari kaki Egy Maulana Vikri di menit ke-52.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain Timnas Indonesia Nathan Noel berebut bola dengan pemain Vietnam dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Pada pertandingan itu Indonesia menang dengan skor 1-0. Gol timnas Indonesia lahir dari kaki Egy Maulana Vikri di menit ke-52.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Penggawa tim nasional Indonesia, Ragnar Oratmangoen bereaksi jelang duel berkelas di depan mata. Pasukan Garuda akan kembali menghadapi Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kali ini duel berlangsung di markas sang rival. Tepatnya di My Dinh National Stadium, Hanoi, Selasa (26/3/2024) pukul 19.00 WIB. Ragnar menunjukkan rasa hormat pada lawan.

Baca Juga

Ia menyaksikan duel kedua tim di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, beberapa hari lalu. Saat itu Indonesia menang 1-0 atas sesama elite Asia Tenggara ini. Menurut Ragnar, the Golden Star Warriors mampu menunjukkan perlawanan maksimal.

Bahkan di menit-menit awal, Vietnam terus menekan. Kali ini, ia memprediksi, anak asuh Philippe Troussier tetap tampil agresif seperti biasanya. Namun, sang penyerang optimistis, pasukan Garuda kembali berjaya.

"Mereka bermain cukup baik saat di Jakarta, tapi saya yakin kita masih bisa bermain bagus," kata Ragnar di situs resmi PSSI, dikutip pada Senin (25/3/2024).

Penyerang 26 tahun ini berpeluang melakukan debut bersama Timnas Indonesia di Hanoi. Ia bersama Thom Haye. Sebelumnya, mereka menjadi penonton rekan-rekannya berlaga di GBK.

Kehadiran Ragnar dan Haye sangat dibutuhkan pelatih Shin Tae-yong. Terutama jika melihat situasi terkini. STY belum bisa menurunkan kekuatan maksimal.

Ada beberapa perubahan dalam komposisi line up awak merah-putih. Sang arsitek sampai harus memanggil tiga nama baru.

Ada kiper Ernando Ari, gelandang Rachmat Irianto, dan bek Muhammad Ferarri. Ernando menggantikan Nadeo Argawinata yang cedera.  Rachmat mengisi pos yang ditinggalkan Marc Klok.

Sama seperti Nadeo, Klok juga mendekam di ruang perawatan. Kemudian Ferarri menambal kekurangan di lini belakang. Itu karena Sandy Walsh terkena akumulasi kartu kuning. Sebelumnya, Elkan Baggott dan Jordi Amat juga terkapar. Untungnya, Asnawi Mangkualam Bahar sudah bebas dari hukuman. 

Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F  pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Garuda mengantongi empat poin dari tiga pertandingan. Vietnam di urutan ketiga.

Skuat polesan Philippe Troussier mengemas tiga angka. Irak nyaman di singgasana Grup F dengan mengoleksi sembilan poin. Filipina di urutan terakhir. Armada Azkals baru mendulang sebiji angka.

Duel Vietnam versus Indonesia di Hanoi diprediksi memanas sejak menit pertama. Perang urat syaraf antara kedua tim terus terdengar dalam beberapa pekan terakhir. Penikmat sepak bola tanah air, bisa menyaksikan siaran langsungnya di RCTI dan Sporstars.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement