Senin 25 Mar 2024 23:59 WIB

Ini Permintaan Pelatih Vietnam kepada Pasukannya Saat Jamu Indonesia

Kalah bisa jadi akhir dari segalanya bagi pelatih Vietnam.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Vietnam Philippe Troussier
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Pelatih timnas Vietnam Philippe Troussier

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Pelatih tim nasional Vietnam, Philippe Troussier bereaksi jelang partai berkelas di depan mata. The Golden Star Warriors akan kembali menghadapi Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kali ini duel berlangsung di Hanoi. Tepatnya di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) pukul 19.00 WIB. Tampil di markas sendiri, Vietnam memiliki sedikit keuntungan dari sisi psikologis.

Baca Juga

Ada pemain ke-12 mereka di arena pertandingan. Puluhan ribu penggemar berada di belakang Do Hung Dung dan rekan-rekan. Sinyal bahaya untuk lawan.

"Kami berharap mendapat dukungan dari banyak penggemar. Kami sadar akan tanggung jawab kami," kata Troussier dalam konferensi pers, dikutip dari thethaovanhoa.vn, Senin (25/3/2024).

Ia menegaskan, target Vietnam tak pernah berubah. The Golden Star Warriors ingin melaju ke putaran ketiga. Sehingga kemenangan atas Indonesia, menjadi keharusan.

Troussier meminta pasukannya tampil habis-habisan. Di partai krusial seperti ini, tekad pemain sangat penting. Itu membantu tim dalam mencapai tujuan di lapangan.

"Saya pastikan atmosfer dalam tim sangat bagus, dan semua orang di tim ini, menantikan pertandingan berikutnya dengan tujuan menang," ujar juru taktik berkebangsaan Prancis itu, penuh semangat. 

Intinya, ia berharap, anak asuhnya bisa mengikuti rencana taktis dengan efektif. Kemudian kuat dalam duel. Lalu tetap waspada menangani setiap detail pertandingan.

Artinya, fokus the Golden Star Warriors jangan sampai mengalami penurunan. Lengah sedikit saja, bisa berakibat fatal. Pada saat yang sama, Troussier mengaku telah menganalisis permainan kubu tamu.

"Mereka mungkin proaktif bertahan, tetapi mereka juga dapat menyerang sejak awal. Dalam situasi apa pun, kami sudah siap, dan saya meminta para pemain untuk menunjukkan determinasi dari awal hingga menit terakhir," ujar mantan pelatih Timnas Jepang ini. 

Vietnam dan Indonesia tergabung di Grup  F, putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. The Golden Star Warriors serta pasukan Garuda, bersaing dengan Irak juga Filipina.

Irak di singgasana klasemen sementara, mengoleksi sembilan poin. Indonesia di urutan kedua, mengemas empat angka. Vietnam di tangga ketiga. Anak asuh Troussier mengumpulkan tiga poin, unggul dua angka atas Filipina di posisi juru kunci.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement