Selasa 26 Mar 2024 11:09 WIB

Lukaku Fit Bela Belgia Lawan Inggris

Romelu Lukaku sebelumnya absen saat Belgia ditahan imbang tanpa gol oleh Irlandia.

Penyerang timnas Belgia Romelu Lukaku
Foto: AP/Raul Mee
Penyerang timnas Belgia Romelu Lukaku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencetak gol terbanyak Belgia, Romelu Lukaku, akan fit untuk menghadapi Inggris pada pertandingan persahabatan di Wembley pada Rabu (27/3/2024) dini hari WIB. Kehadiran Lukaku akan menambah daya gedor lini serang yang terlihat tidak memiliki ide saat bermain imbang 0-0 kongtra Irlandia, akhir pekan lalu.

Lukaku absen dalam pertandingan di Dublin karena cedera pangkal paha. Namun ia telah kembali berlatih penuh, menurut pelatih Domenico Tedesco.

Baca Juga

"Lukaku siap untuk menjadi starter," kata Tedesco kepada wartawan pada Senin (25/3/2024), sebelum mengonfirmasi bahwa kiper Koen Casteels masih absen karena cedera bahu.

Lukaku telah mencetak 83 gol dari 113 caps, 50 gol lebih banyak dari pencetak gol terbanyak berikutnya, Eden Hazard. Kemampuannya sangat dibutuhkan dengan absennya Kevin De Bruyne yang sedang cedera di lini tengah.

"Kami ingin menciptakan lebih banyak peluang daripada saat melawan Irlandia. Kami harus berani, dengan sepak bola yang terbuka dan positif," kata Tedesco.

"Ini adalah kesempatan yang ideal untuk menguji kami di level tertinggi. Inggris mungkin kehilangan beberapa pemain, tapi itu tidak membuat mereka lemah."

Tedesco belum pernah merasakan kekalahan dalam 11 pertandingan sebagai pelatih sejak mengambil alih tugas Roberto Martinez seusai Piala Dunia 2022. Belgia saat itu tersingkir pada babak pertama dalam kiprah Piala Dunia yang buruk di Qatar.

Hasil imbang di Dublin menjadi peringatan. Sebab, untuk kali pertama Belgia gagal mencetak gol dalam perjalanan tersebut. Namun kembalinya Lukaku menambah pengalaman dan ancaman di dalam kotak penalti yang hilang pada akhir pekan lalu.

Pemain sayap Belgia, Jeremy Doku, yang bermain untuk Manchester City, juga percaya bahwa ini akan menjadi ujian yang sempurna untuk melihat di mana posisi mereka menjelang putaran final Euro 2024.

"Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang bagus. Itu tidak terjadi di Irlandia, kami tidak akan menyangkal hal itu. Saya yakin itu akan sangat berbeda saat melawan Inggris," katanya.

"Melawan negara papan atas ini, kami juga akan dapat melihat sejauh mana kami saat ini. Kemudian kami dapat terus bekerja menuju Kejuaraan Eropa."

Belgia telah memenangkan tiga dari empat pertandingan terakhir mereka melawan Inggris. Namun Rde Devils belum pernah meraih kemenangan dalam lima kunjungan sebelumnya ke London.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement