Rabu 27 Mar 2024 16:12 WIB

Ukraina, Georgia, dan Polandia Lolos, Berikut Daftar Lengkap Pembagian Grup Euro 2024

Georgia jadi tim debutan di Piala Eropa setelah menang di final playoff.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Para pemain dan penggemar Georgia merayakan keberhasilan memenangi play-off UEFA EURO 2024. Georgia mengalahkan Yunani 4-2 lewat adu penalti di Tbilisi, Georgia, Rabu (26/3/2024) dini hari WIB untuk berlaga pada Euro 2024 di Jerman pada musim panas ini.
Foto: EPA-EFE/DAVID MDZINARISHVILI
Para pemain dan penggemar Georgia merayakan keberhasilan memenangi play-off UEFA EURO 2024. Georgia mengalahkan Yunani 4-2 lewat adu penalti di Tbilisi, Georgia, Rabu (26/3/2024) dini hari WIB untuk berlaga pada Euro 2024 di Jerman pada musim panas ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lengkap sudah peserta putaran final Euro 2024 setelah rangkaian kualifikasi dan playoff berakhir. Tiga tim terakhir dipastikan melaju ke Jerman tengah tahun ini. Ada Ukraina, Georgia, dan Polandia yang menumbangkan para rival di final playoff.

Ukraina unggul 2-1 atas Islandia di Stadion Miejski Wroclaw, Polandia, Rabu (27/3/2024) dini hari WIB. Ini keempat kalinya, the Blue and Yellow menembus turnamen antarnegara Benua Biru. Sebelumnya, tim yang pernah diperkuat Andriy Shevchenko itu mentas di Euro 2012, 2016, juga 2020.

Baca Juga

Berikutnya, Georgia. Skuad polesan Willy Sagnol lolos ke Jerman setelah menyudahi perlawanan Yunani. Kedua tim bermain imbang 0-0 sepanjang 120 menit di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi. Otomatis pemenang ditentukan lewat adu penalti. 

Pada tahapan tersebut, armada Crusaders berjaya. Guram Kashia dan rekan-rekan unggul 4-2 atas negeri para dewa. Georgia bakal merasakan atmosfer Piala Eropa untuk pertama kalinya.

Terakhir, Polandia. Robert Lewandowski dkk juga menang adu penalti atas Wales, dengan skor 5-4. Sepanjang 120 menit, duel di Stadion Cardiff City, Rabu (27/3/2024) dini hari WIB, berkesudahan imbang 0-0.

Itu berarti, slot 24 tim sudah terisi. Peserta terbagi dalam enam grup. Masing-masing grup berisi empat negara.

Grup A berisikan tuan rumah Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss. Lalu di Grup B ada Spanyol, Kroasia, juara bertahan Italia, Albania. Ini termasuk grup maut. Pesertanya mempunyai kekuatan merata.

Berlanjut ke Grup C, ada Slovenia, Denmark, Serbia, Inggris. The Three Lions diprediksi berjaya. Perebutan kursi runner up bakal lebih memanas.

Menuju Grup D, ada Polandia, Belanda, Austria, juga Prancis. Grup ini juga sangat ketat persaingannya. Mirip situasi di Grup B.

Kemudian di Grup E, ada Belgia, Slovakia, Rumania, Ukraina. Terakhir di Grup F, Portugal bersaing dengan Turki, Republik Ceko, dan sang debutan Georgia. 

Penikmati sepak bola menantikan bergulirnya kompetisi tersebut. Seperti biasa, Piala Eropa selalu menghadirkan pertandingan bertensi tinggi. Euro 2024 berlangsung dari 14 Juni-14 Juli tahun ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Sport (@republikasport)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement