Kamis 28 Mar 2024 02:35 WIB

Messi Belum Berpikir Pensiun, Sebut Usia Bukan Alasannya untuk Gantung Sepatu

Messi merasa masih tampil baik di lapangan hijau.

Lionel Messi (kanan) saat membela Inter Miami.
Foto: AP Photo/Rebecca Blackwell
Lionel Messi (kanan) saat membela Inter Miami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi menyatakan tidak akan mempertimbangkan faktor usia sebagai penentu alasam pensiun dari sepak bola. Penyerang Argentina itu menambahkan, dia tidak memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang akan dia lakukan ketika saat itu tiba.

Messi, yang bermain selama 17 tahun di Barcelona sebelum menandatangani kontrak dengan Paris Saint-Germain pada 2021 dan Inter Miami tahun lalu, akan berusia 37 tahun kurang dari tiga bulan lagi. Walau sudah senja, ia dengan pasti mengatakan faktor usia tidak akan menentukan kapan waktunya ia gantung sepatu.

Baca Juga

"Saya tahu bahwa saat saya merasa bahwa saya tidak lagi tampil, bahwa saya tidak lagi menikmatinya atau membantu rekan setim saya (saya akan pensiun)," kata Messi kepada podcast Big Time dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada Rabu (27/3/2024).

"Saya sangat kritis terhadap diri sendiri. Saya tahu kapan melakukan hal yang bagus, kapan tidak, kapan saya bermain bagus dan kapan saya bermain buruk. Ketika saya merasa sudah waktunya untuk mengambil langkah itu, saya akan melakukannya tanpa memikirkan usia," tegasnya.

Jika merasa masih baik, Messi mengaku akan mencoba untuk terus berkompetisi karena ia menyukainya. Selain itu, bermain bola merupakan sesuatu yang ia pahami dengan baik/

Ketika ditanya apakah ia sudah mulai memikirkan apa yang akan ia lakukan selanjutnya, peraih delapan kali Ballon D'Or ini tidak memberikan jawaban yang jelas.

"Saya belum memikirkannya. Untuk saat ini, saya mencoba untuk menikmati setiap hari, setiap momen, tanpa memikirkan masa depan. Saya belum memiliki sesuatu yang jelas," kata Messi.

"Saya berharap bisa terus bermain untuk waktu yang lebih lama, karena itulah yang saya nikmati. Ketika saatnya tiba, saya pasti akan menemukan jalan menuju apa yang membuat saya puas dan apa yang saya sukai, dan peran baru."

Messi absen dalam pertandingan persahabatan Argentina melawan El Salvador dan Kosta Rika di Amerika Serikat bulan ini karena mengalami cedera hamstring.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement