Kamis 28 Mar 2024 19:24 WIB

Grealish dan Rashford Harus Berjuang untuk Masuk Skuad Inggris Southgate

Rashford kesulitan untuk mengulangi performa fenomenalnya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gelandang Manchester City Jack Grealish terkapar akibat cedera pangkal paha dalam laga kontra FC Copenhagen di Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Liselotte Sabroe
Gelandang Manchester City Jack Grealish terkapar akibat cedera pangkal paha dalam laga kontra FC Copenhagen di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penyerang Manchester United Marcus Rashford dan pemain sayap Manchester City Jack Grealish adalah dua pemain yang dikabarkan berisiko kehilangan skuad Inggris untuk Euro 2024. Keduanya tidak menunjukkan performa yang diharapkan pelatih Gareth Southgate, sehingga Southgate beralih kepada pilihan lain.

Rashford kesulitan untuk mengulangi performa fenomenalnya dengan mencetak 30 gol seperti musim lalu, dengan rekornya saat ini di angka delapan gol di semua kompetisi musim ini. Pemain berusia 26 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti dalam kekalahan persahabatan Inggris dari Brasil akhir pekan lalu, tetapi pemain United itu tidak tampil melawan Belgia karena manajer Gareth Southgate menilai banyaknya pilihan yang dimilikinya.

Baca Juga

Sementara itu, Grealish mengalami masalah cedera sepanjang musim dan tidak dimasukkan dalam skuad Inggris terbaru. The Mirror melaporkan bahwa penyerang City itu mungkin kesulitan untuk mendapatkan kembali tempatnya di Three Lions, bahkan di tengah seruan kepada UEFA untuk menambah jumlah skuad menjadi 26 pemain untuk turnamen tersebut.

"Jack jelas tidak akan keluar dari skuad. Saya berbicara dengannya sebelum saya menyebutkan nama skuadnya. Tapi seperti yang saya katakan ketika saya menyebutkan nama skuad, Gordon dan Bowen mendorong orang-orang itu," kata Southgate ketika menjelaskan tentang keputusannya untuk tidak memasukkan Grealish ke dalam skuad terbaru, dikutip dari Manchester Evening News, Kamis (28/3/2024).

Menurutnya, Anthony Gordon telah tampil luar biasa untuk klubnya. Dan yang jelas, kata dia, Marcus unggul di gim pertama. "Tapi aku ingin bertemu Gordon lagi. Saya pikir masuknya James Maddison akan berdampak dan Bowen juga memiliki performa yang sangat bagus. Jadi ada persaingan untuk mendapatkan tempat;" kata dia.

Southgate menegaskan, selalu ada persaingan untuk mendapatkan tempat di area luas tersebut. Tapi ia juga menyayangkan Cole Palmer melewatkan begitu banyak latihan sehingga ia tidak dapat memainkannya saat melawan Belgia. "Kami tidak 100 persen yakin apa yang akan kami dapatkan, sedangkan dengan Gordon kami tahu dan Maddison kami tahu. Saya tidak akan mengesampingkan Cole dari persamaan itu," ujarnya. 

Phil Foden dari City dan penyerang Arsenal Bukayo Saka diharapkan menjadi bagian dari skuad Inggris, menyisakan dua tempat untuk penyerang sayap lainnya. Anthony Gordon dari Newcastle dan Jarrod Bowen dari West Ham tampil untuk Inggris dalam pertandingan persahabatan baru-baru ini, sementara pemain Chelsea Cole Palmer adalah bagian dari skuad tetapi kesulitan untuk kebugaran.

Hal ini membuat Rashford dan Grealish harus membuktikan satu hal sebelum bos Inggris menunjuk skuad awal pada Selasa, 21 Mei 2024. Tim akan memainkan pertandingan persahabatan pra-turnamen dengan Bosnia dan Herzegovina dan Islandia, sedangkan batas waktu penentuan skuad terakhir adalah Sabtu 8 Juni.

The Three Lions memimpikan kejayaan Euro 2024 musim panas ini, dan mengeluarkan dua seragam baru tepat pada waktunya untuk turnamen tersebut. Seragam kandang baru dianggap klasik oleh para pemain dan penggemar, sedangkan seragam tandang memiliki desain ungu yang lebih berani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement