Sabtu 30 Mar 2024 08:35 WIB

Sepuluh Laga Liga Premier Inggris Pekan ini

Liga Primer Inggris pekan ini menyajikan laga big match Manchester City vs Arsenal.

Rep: Fitriyanto/ Red: Andri Saubani
Logo Liga Primer Inggris
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah jeda internasional Liga Premier Inggris akan menyuguhkan sepuluh laga di akhir pekan ini. Akan banyak peristiwa yang harus diwaspadai.  Berikut laga-laganya.

 

Baca Juga

1. Newcastle Vs West Ham United 

Eddie Howe berubah menjadi radikal saat Newcastle kalah di perempat final Piala FA di Manchester City awal bulan ini, dan menerapkan formasi tiga bek. Untuk manajer dengan empat bek yang dikonfirmasi, itu mewakili kepergian yang cukup besar tetapi mempertahankannya mungkin cocok untuk personel Newcastle – terutama melawan West Ham di St James’ Park Sabtu ini.  

Mengingat Sven Botman harus absen selama sembilan bulan setelah operasi ACL – dan jika dipikir-pikir, bek asal Belanda itu seharusnya menjalani operasi tersebut ketika lututnya pertama kali mengalami cedera pada bulan September – tiga bek terbaik pastinya adalah Jamaal Lascelles, Fabian Schär, dan Dan Burn yang diapit oleh  Kieran Trippier, jika fit, atau Tino Livramento dan Lewis Hall.  

Hall sempat kecewa setelah dipinjamkan musim panasnya dari Chelsea, namun posisi bek sayap kiri pada akhirnya akan memungkinkan dia untuk menunjukkan mengapa banyak orang percaya bahwa dia adalah calon pemain Inggris.  Dengan Schär memamerkan keterampilan bolanya sebagai penyapu, formasi 3-5-2 mungkin akan mendorong Newcastle ke pertarungan Liga Europa musim depan.  

 

2. Everton Vs Bournemouth 

 

Setelah 11 pertandingan tanpa kemenangan di liga, segalanya terlihat suram bagi Everton, khususnya dengan ancaman pengurangan poin yang mungkin terjadi. Kabar baiknya adalah mereka telah mengalahkan Bournemouth dengan skor 3-0 musim ini, yang merupakan kemenangan kandang pertama mereka setelah empat kekalahan beruntun. 

Ini adalah hasil yang dibutuhkan Sean Dyche dan membantu memicu tujuh kemenangan beruntun dalam 10 pertandingan. Apa yang akan dilakukan oleh sang manajer untuk mendapatkan hal serupa kali ini. 

Para pemain tahu bahwa mereka dapat mengungguli lawan mereka, namun masalah utama mereka adalah kurangnya ancaman gol. Mereka hanya mencetak tujuh gol dalam 11 pertandingan terakhir mereka dan Dominic Calvert-Lewin belum pernah menaklukkan penjaga gawang sejak akhir Oktober, sedangkan pesaingnya untuk menjadi penyerang tunggal, Beto, baru mencetak dua gol di liga. 

Jika mereka ingin kembali ke jalur kemenangan, mereka membutuhkan salah satu penyerang mereka untuk segera menemukan performa terbaiknya. Jika tidak, ini dapat menjadi dua bulan terakhir yang suram di Liga Primer. 

 

3. Chelsea vs Burnley 

Mykhailo Mudryk menjalani pekan yang luar biasa. Sang pemain sayap pasti sangat bersemangat setelah mencetak gol yang membawa Ukraina ke Euro 2024. Ini merupakan momen besar bagi Mudryk, yang menunjukkan kilasan bakat yang meyakinkan Chelsea untuk merekrutnya tahun lalu. 

Ia masih belum konsisten namun golnya dalam kemenangan 3-2 Chelsea atas Newcastle juga sangat spesial. Pertahanan Newcastle dibobol oleh Mudryk, yang telah berkembang di bawah asuhan Mauricio Pochettino. Sang pelatih asal Argentina akan berharap bahwa sang pemain muda dapat mempertahankan penampilannya yang baik saat Burnley berkunjung ke Stamford Bridge. 

 

4. Nottingham Forest vs Crystal Palace

Nottingham Forest telah dikurangi empat poin oleh Premier League karena melanggar aturan profit dan keberlanjutan, dan mereka mengajukan banding. Sementara itu, mereka berada di peringkat ke-18, sangat membutuhkan kemenangan dan bisa menggunakan ketidakadilan yang mereka rasakan untuk memulai persaingan mereka.  

Nuno Espírito Santo telah memimpin timnya meraih satu kemenangan dalam sembilan pertandingan liga terakhir mereka tetapi di dalam klub mereka berpikir dia telah melakukannya dengan baik, meskipun hasilnya tidak menguntungkan mereka.  Dari tujuh kekalahan di liga yang diderita sejak pelatih asal Portugal itu mengambil alih tim pada akhir Desember, enam diantaranya disebabkan oleh satu gol, yang menunjukkan selisih yang tipis.  Keadaan semakin diperburuk oleh fakta bahwa mereka tidak bisa menjadi ancaman utama dalam mencetak gol, Taiwo Awoniyi, yang harus absen berminggu-minggu.  

Forest perlu mengendalikan apa yang mereka bisa di lapangan;  tiga pertandingan kandang mereka berikutnya adalah melawan Crystal Palace, kemudian Fulham dan Wolves, yang memberi mereka peluang bagus untuk mengamankan poin maksimal sambil didukung oleh City Ground yang penuh gejolak.  

 

5. Sheffield Wednesday Vs Fulham

Fulham berencana untuk membuka sebuah kolam renang di atap yang diperuntukkan bagi para penonton pertandingan VIP sebagai permata di mahkota Riverside Stand mereka yang baru di Craven Cottage, namun Sheffield United terlihat hampir pasti akan terjun ke dalam air yang tidak terlalu bersahabat di divisi Championship. 

Anak asuh Chris Wilder akan menjamu tim asal London barat asuhan Marco Silva di saat mereka berada di dasar klasemen Liga Primer, terpaut delapan poin dari Luton yang ada di peringkat empat, meskipun mereka masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan. Wilder mengatakan bahwa ia "masih yakin" the Blades dapat bertahan namun menerima bahwa para pemainnya "harus menunjukkan hasrat". 

Dengan sedikit menyedihkan, sang manajer United menambahkan: "Jika kami terus melanjutkan cara kami bermain dalam empat atau lima pertandingan kandang terakhir, kami tidak memiliki kesempatan. Kami harus lebih ketat dan itu adalah sesuatu yang telah dibenahi oleh para staf." Wilder juga mengakui bahwa para pemain reguler Bramall Lane telah "dikecewakan" dan perlu diberi "sesuatu untuk disoraki". Dapat diasumsikan bahwa ia tidak sedang membicarakan tentang kolam renang yang mengkilap. 

 

6. Tottenham vs Luton

Tidak banyak yang dapat diingat dari pertandingan terakhir Tottenham, kekalahan 3-0 atas Fulham. Mereka sama sekali tidak layak dan kalah. Salah satu masalahnya adalah absennya Micky van de Ven, yang harus absen karena cedera hamstring. 

Bek tengah asal Belanda ini telah absen selama dua bulan di awal musim karena masalah yang sama namun Ange Postecoglou menegaskan bahwa masalahnya tidak terlalu serius kali ini, meskipun tetap harus berhati-hati. 

Jika Van de Ven gagal pulih tepat waktu, hal ini dapat berarti menjadi starter kedua bagi rekrutan mereka di bulan Januari, Radu Dragusin, yang telah merasakan kehidupan Liga Primer di Craven Cottage dalam debutnya. Bek tengah asal Rumania ini masih berusia 22 tahun dan memiliki banyak waktu untuk berkembang, namun akan berusaha untuk menunjukkan mengapa Spurs menginvestasikan dana sebesar 27 juta Poundsterling untuknya. 

Lini depan Luton yang memiliki fisik yang kuat dapat memberikan masalah selama 90 menit bagi sang pemain baru; tergantung pada dirinya untuk membuktikan kemampuannya. 

 

7. Aston Villa vs Wolves

Nicolò Zaniolo menyelamatkan Villa dalam pertandingan terakhir mereka di West Ham, namun apakah ia dapat melakukan hal yang sama untuk karirnya di Liga Primer dalam dua bulan ke depan masih menjadi perdebatan. Pemain asal Italia ini telah berjuang untuk membuat kesan yang baik sejak bergabung dengan status pinjaman dari Galatasaray dan, meskipun Villa memiliki opsi untuk mempermanenkan statusnya, hal tersebut sepertinya tidak mungkin terjadi. 

Sang penyerang terakhir kali tampil sebagai starter dalam pertandingan Liga Primer pada 3 Desember dan digantikan di babak pertama saat melawan Bournemouth. Dia jelas belum mendapatkan kepercayaan penuh dari Unai Emery, namun gol penyeimbang di West Ham dan dua penampilan internasional untuk Italia mungkin akan memberinya momentum. 

Meskipun dia tidak mendapatkan kesempatan untuk bermain sebagai starter di hari Sabtu, dia telah menunjukkan bahwa dia dapat membuat perbedaan dari bangku cadangan. Jika dia ingin mendapatkan langkah yang baik di musim panas, dia harus membuktikan bahwa para peragu salah. 

 

8. Manchester United vs Brentford 

Erik ten Hag mungkin masih mengalami mimpi buruk atas kekalahan 4-0 musim lalu di Brentford. Hal tersebut merupakan sebuah indikasi bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat tim Manchester United asuhannya kembali kompetitif. 

Mereka kalah dan dikalahkan oleh the Bees, yang tampil sangat baik atas sebuah tim yang telah dibangun dengan biaya besar dan memiliki seorang pelatih baru yang membuat mereka terkesan. Sembilan belas bulan berlalu dan tidak banyak yang berubah di United; masih terdapat banyak ruang untuk berkembang dan, jika ada, mereka telah mengalami kemunduran di musim ini dengan finis di empat besar yang terlihat sangat sulit dengan 10 pertandingan tersisa. 

Namun, apa yang dapat Ten Hag lakukan adalah menunjukkan bahwa mereka bukan lagi tim yang lemah seperti yang telah diberikan pelajaran oleh tim asuhan Thomas Frank. Arsenal, Manchester City dan Liverpool semuanya telah meraih kemenangan di Brentford musim ini dan, jika United ingin kembali masuk ke dalam kategori tersebut, mereka membutuhkan kemenangan untuk menunjukkan bahwa mereka telah membuat kemajuan. 

 

9. Liverpool vs Brighton

 

Bisikkan saja, namun Jürgen Klopp akan meninggalkan Liverpool di akhir musim dan mereka membutuhkan seseorang untuk menggantikannya. Salah satu nama yang dihubungkan dengan kursi panas Anfield adalah Roberto De Zerbi, yang membawa gaya sepak bolanya yang hidup ke Merseyside di hari Ahad. Sang pelatih asal Italia ini memiliki kemampuan yang mumpuni, namun pertanyaannya adalah apakah ia dapat membawa klub yang sedang bersaing untuk meraih gelar juara. 

Direktur olahraga Liverpool yang baru, Richard Hughes, pernah merekomendasikan De Zerbi untuk mengambil alih posisi mantan klubnya, Bournemouth, yang mengindikasikan pendapatnya. Mungkin Hughes merupakan seorang penutur bahasa Italia dan sangat paham mengenai sepak bola Eropa. Satu hal yang dapat membantu De Zerbi adalah fakta bahwa dia memiliki Adam Lallana di staf kepelatihannya, meskipun sang gelandang masih bermain, belum lagi James Milner di jajaran pemainnya. 

Pada Ahad nanti akan menjadi sebuah audisi bagi De Zerbi, dan jika dia akan berada di Anfield secara permanen, memasukkan Milner dan Lallana ke dalam tim utama mungkin akan membantu proses transisi tersebut.

 

10. Manchester City vs Arsenal 

Dalam perebutan gelar juara tiga arah ini, pertandingan-pertandingan blockbuster akan terus berdatangan, jadi nantikan hiburan yang memukau saat Arsenal berharap dapat mengalahkan Manchester City dan membuka jarak empat poin dari sang juara bertahan dengan hanya 27 pertandingan tersisa untuk diperebutkan. 

Pep Guardiola pastinya akan memilih pemain asal Catalan untuk mengutuk jeda internasional yang membuat pemain andalannya, Kyle Walker dan John Stones, harus absen karena cedera. Dan juga terdapat masalah mengenai peraih treble winner dan juara tiga kali beruntun yang belum tampil gemilang musim ini. Akankah mereka akhirnya dapat bermain dengan baik saat menghadapi Arsenal, atau di akhir pertandingan, akankah Mikel Arteta dapat meraih kemenangan penting yang mungkin - masih mungkin - menandakan pergeseran kekuatan dari Manchester timur ke London utara? 

 

 

 

sumber : Yahoo Sports
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement