Senin 01 Apr 2024 15:11 WIB

Guardiola Minta Pemain City tak Bersedih Setelah Ditahan Imbang Arsenal

Manchester City gagal mencetak gol di kandang sendiri saat menghadapi Arsenal.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Erling Haaland dari Manchester City (depan) beraksi melawan Gabriel Magalhaes (belakang) dari Arsenal selama pertandingan Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Arsenal di Manchester, Inggris, Ahad (31/3/2024).
Foto: EPA
Erling Haaland dari Manchester City (depan) beraksi melawan Gabriel Magalhaes (belakang) dari Arsenal selama pertandingan Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Arsenal di Manchester, Inggris, Ahad (31/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola tenang menyikapi hasil imbang yang diraih timnya saat bertemu Arsenal pada lanjutan Liga Primer Inggris musim 2023/24. Man City gagal mencetak gol di kandang sendiri di Stadion Etihad dalam laga yang berakhir 0-0 pada Senin (1/4/2024) dini hari WIB.

Jika harus memilih, ia menginginkan kemenangan. Apalagi mereka mentas di rumah sendiri. Puluhan ribu penggemar berada di belakang Erling Haaland dan rekan-rekan.

Baca Juga

Namun yang terjadi tak sesuai harapan. Sebab tim tamu juga bukan lawan sembarangan. Untuk itu, Guardiola tetap memuji kerja keras yang ditunjukkan pasukannya.

"Banyak hal bisa kami perbaiki, tapi saya puas. Saya bilang ke tim, jangan sedih. Saya tahu para pemain saya, bagaimana mereka berperilaku, dan mereka mencobanya," kata juru taktik asal Katalunya itu, dikutip dari laman resmi klubnya.

Ia menegaskan, mereka masih mampu mempertahankan level seperti biasanya. Fakta memperlihatkan hal itu. The Citizen bersaing memperebutkan gelar Liga Primer, lolos ke semifinal Piala FA, serta menembus perempat final Liga Champions.

Hasil tak sesuai harapan yang baru saja terjadi hanya satu pertandingan tunggal. Menurut dia, hasil imbang bukan sesuatu yang memalukan. Apalagi melawan tim yang sebelum pekan ini bergulir berada di puncak klasemen sementara.

"Peluang yang mereka miliki di babak pertama, mereka menekan dengan sangat baik. Di babak kedua, saya tidak bisa berharap lebih," ujar Guardiola.

Intinya, selepas jeda, ia menginstruksikan pasukannya untuk lebih intens menyerang. Pada saat bersamaan, mereka membatasi potensi transisi yang bisa dilakukan the Gunners. Arahan Pep dijalankan dengan baik.

Hanya, tidak mudah menjebol gawang the Gunners. Para pemain bertahan tim tamu bertarung habis-habisan. Walau tuan rumah juga memberikan segalanya, sulit mencari celah untuk mencetak gol.

"Selalu sulit. Ketika kami di sepertiga akhir, target utama mereka adalah tidak kebobolan, dan mereka melakukan dengan sangat baik," ujar Guardiola.

Setelah ini, Man City ditunggu lawan tangguh lainnya. The Sky Blues akan bertemu Aston Villa di arena yang sama pada Kamis (4/4/2024) pukul 02.15 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement