Selasa 02 Apr 2024 15:54 WIB

Persib Bandung Diuntungkan dengan Penundaan Sementara Kompetisi Liga 1

Penundaan ini menjadi jalan keluar bagi semua pihak.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak dan Gelandang Persib Beckham Putra pada sesi preskon usai laga Madura United vs Persib. Rabu (1/11/2023)
Foto: Dok Republika
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak dan Gelandang Persib Beckham Putra pada sesi preskon usai laga Madura United vs Persib. Rabu (1/11/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persib Bandung menjadi salah satu klub yang diuntungkan dengan adanya masa tunda Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 selama bulan April. Tapi Maung Bandung akan tetap melanjutkan beberapa program latihan selama periode tersebut. BRI Liga 1 ditunda sementara oleh PSSI demi memberikan dukungan kepada timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala Asia U-23 2024.

Penundaan ini menjadi jalan keluar bagi semua pihak, baik pelatih timnas Indonesia maupun klub. Dengan tidak adanya kompetisi selama periode tersebut, maka klub bisa melepas setiap pemainnya tanpa khawatir dengan persaingan di liga. Di sisi lain, ini juga jadi keuntungan tersendiri bagi Persib Bandung.

Baca Juga

Pasalnya, jika Persib turun pada April, mereka akan tampil tanpa sejumlah pilar seperti Marc Klok, Ryan Kurnia, Ciro Alves dan Beckham Putra yang mengalami cedera. Top skorer David da Silva juga kemungkinan absen karena sebuah kendala.

"Nanti mungkin Marc (Klok) akan kembali dan mungkin David juga akan kembali. Jadi ini bisa jadi dua hal positif. Saya katakan, di beberapa laga terakhir kami sedang bermain bagus, penting melanjutkan itu," kata pelatih Persib, Bojak Hodak dikutip dari laman resmi klub, Selasa (2/4/2024).

Sementara mengenai kondisi Ciro Alves, Hodak mengatakan pemain asal Brasil itu sejatinya sudah siap dimainkan jika pertandingan melawan Persita Tangerang tetap berlangsung pada Selasa (2/4/2024). Tapi kondisi dari beberapa pemain lain mungkin masih menunggu pemulihan.

"Ciro sebenarnya jika kami tetap bermain melawan Persita, dia sudah siap. Mungkin Ryan belum siap, tapi sekarang mereka punya waktu lebih dan nanti sudah bisa kembali, Marc juga sudah dalam kondisi oke, kami memiliki lebih banyak waktu," kata Hodak.

Persib akan terus melanjutkan program latihan dengan beberapa hari libur selama April. Usai menggelar sesi gim internal pada Senin (1/4/2024) malam WIB, tim diliburkan selama tiga hari. Pada akhir pekan nanti Persib akan kembali berkumpul untuk melanjutkan program latihan. 

"Saya memberi pemain libur, mereka punya tiga hari libur. Kami akan berlatih lagi dan memberikan mereka libur tiga hari pada hari raya Idul Fitri. Lalu kami menantikan kapan kami memainkan pertandingan lanjutan," kata Hodak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement