Ahad 07 Apr 2024 21:57 WIB

Shin Tae-yong Terus Mencari Solusi Antisipasi Permasalahan di Lini Belakang Timnas U-23

Melawan Arab Saudi, Timnas U-23 terjungkal.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Laga uji coba timnas Indonesia U-23 melawan Arab Saudi U-23 di Dubai, Jumat (5/4/2024).
Foto: dok PSSI
Laga uji coba timnas Indonesia U-23 melawan Arab Saudi U-23 di Dubai, Jumat (5/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Nyaris sepekan Tim Nasional U-23 berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Garuda Muda sedang melakukan pemuasatan latihan di sana.

Awak merah putih mempersiapkan diri jelang Piala Asia U-23 2024. Rizky Ridho dan rekan-rekan tak hanya sekadar berlatih di negara Timur Tengah itu. Timnas Indonesia U-23 juga menjalani dua partai uji coba. Pada Sabtu (6/4/2024) dini hari WIB, skuad polesan bertemu Arab Saudi. Hasilnya, para wakil tanah air takluk 1-3 dari Saudi.

Baca Juga

STY sudah melakukan evaluasi. Hasilnya seperti yang diperkirakan. Ia memiliki pekerjaan rumah di sektor pertahanan.

"Memang ada masalah di lini belakang karena beberapa pemain tidak bisa bergabung. Jadi itu yang sedang dipikirkan bagaimana mengantisipasinya," kata juru taktik asal Korea Selatan ini di situs resmi PSSI, dikutip pada Ahad (7/4/2024).

Tak berlebihan apa yang disampaikan STY. Saat ini beberapa bek belum bisa berlatih bersama penggawa Garuda Muda lainnya. Nathan Tjoe-A-On sepertinya tak dilepas oleh klubnya. Nathan memperkuat SC Heerenveen di Eredivie Belanda.

Kemudian Justin Hubner baru diizinkan bergabung Timnas Indonesia U-23 setelah 17 April 2024. Justin sedang menjalani masa peminjaman di klub Jepang, Cerezo Osaka. Lalu Alfeandra Dewangga dipastikan absen karena harus memulihkan kondisinya setelah naik meja operasi. Itulah yang terjadi. Waktu berjalan terus. STY harus jeli memaksimalkan amunisi yang ada.

Kebetulan Timnas Indonesia U-23 masih memikiki satu partai uji coba. Berikutnya Garuda Muda jumpa UEA. Partai tersebut berlangsung pada Senin (8/4/2024).

"Untuk uji coba berikutnya, akan dimainkan pemain inti dulu. Ini demi mengantisipasi melawan Qatar pada 15 April. Pastinya tim inti akan lebih banyak dimainkan. Selain tim inti akan ada kesempatan bagi pemain lain." ujar STY.

Pada uji coba sebelumnya, sang arsitek menurunkan semua personelnya. Kali ini, ia langsung fokus mengatur mempersiapkan skuadnya menuju partai perdana di Piala Asia U-23 2024. Selain Qatar, Timnas Indonesa juga akan menghadapi Australia dan Yordania di Grup A.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement