Senin 08 Apr 2024 14:57 WIB

Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Kerahkan Kekuatan Inti Vs UEA

Di laga sebelumnya, Indonesia U-23 menderita kekalahan 1-3 dari Arab Saudi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-Yong.
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-Yong.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Setelah menderita kekalahan dari Arab Saudi, timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga uji coba lainnya melawan Uni Emirat Arab yang akan berlangsung di Shahab Al Ahli Stadium, Dubai, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. Meski hanya laga uji coba, hasil positif penting bagi tim asuhan Shin Tae-yong untuk meningkatkan kepercayaan menjelang turnamen yang sesungguhnya.

Di laga sebelumnya, Indonesia U-23 menderita kekalahan 1-3 dari Arab Saudi, dengan satu-satunya gol tim Merah Putih diciptakan oleh Komang Teguh. Shin Tae-yong mengaku masih mencari komposisi yang tepat pada laga tersebut dengan melakukan banyak pergantian pemain. Setelah melakukannya, ia mungkin akan fokus pada pemain inti pada laga uji coba melawan UEA.

Baca Juga

"Untuk uji coba berikutnya lawan Uni Emirat Arab, akan dimainkan untuk pemain inti dulu, untuk mengantisipasi permainan lawan Qatar nanti tanggal 15 (April). Pastinya tim inti akan dimainkan lebih banyak. Selain tim inti akan ada kesempatan lagi bagi pemain lain," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (8/4/2024).

Dengan begitu, pelatih asal Korea Selatan itu diprediksi akan menggunakan formasi 3-4-3. Formasi ini memang kerap menjadi andalah Shin Tae-yong. Ernando Ari akan menjadi pilihan pertama Shin Tae-yong di bawah gawang Indonesia. Selanjutnya posisi tiga bek akan diisi oleh Rizky Ridho, Muhammad Ferarri dan Komang Teguh.

Di lini tengah, Marselino Ferdinan yang sudah bergabung dari KMSK Dainze pada Ahad (7/4/2024) diperkirakan akan langsung diturunkan sebagai starter melawan UEA. Ia akan berdampingan dengan Ivar Jenner, Pratama Arhan dan Fajar Faturrahman di lini tengah lapangan.

Adapun di lini depan, pelatih asal Korea Selatan itu diprediksi akan menggunakan jasa Rafael Struick, Witan Sulaeman dan Hokky Caraka. Trisula serangan Indonesia U-23 diharapkan bisa menembus pertahanan UEA dan meraih hasil terbaik pada laga uji coba tersebut. Pasalnya, ini menjadi uji coba terakhir bagi skuad Garuda Muda sebelum bertolak ke Qatar.

Seperti diketahui, rangkaian persiapan tersebut dilakukan agar Garuda Muda bisa bicara banyak di Piala Asia U-23 2023 yang akan berlangsung mulai 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar. PSSI berharap Shin Tae-yong bisa membawa pasukannya melaju hingga ke perempat final kejuaraan tersebut. Tapi tentu itu takkan mudah, terlebih Indonesia berada dalam grup yang berat bersama Qatar, Australia dan Yordania di Grup A.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement