Selasa 09 Apr 2024 05:00 WIB

Timnas Indonesia U-23 Menang 1-0 Atas UEA, Shin Tae-yong: Harusnya Bisa Lebih

Selanjutnya, Indonesia akan berjuang di Piala Asia U-23 pada 15 April.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan merayakan gol saat melawan UEA, Selasa (9/4/2024).
Foto: Dok. Pssi
Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan merayakan gol saat melawan UEA, Selasa (9/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan tipis 1-0 atas Uni Emirat Arab pada laga uji coba yang digelar di Shahab Al Ahli Stadium, Dubai, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. Witan Sulaeman mencetak satu-satunya gol untuk tim Merah Putih. Namun, pelatih Shin Tae-yong menilai seharusnya tim Garuda Muda bisa mencetak lebih banyak gol.

Pelatih asal Korea Selatan itu menurunkan tim inti pada pertandingan tersebut, sebagai simulasi menjelang pertandingan melawan Qatar yang akan berlangsung pada 15 April 2024. Seperti diketahui, Indonesia berada dalam satu grup bersama Qatar, Australia, dan Yordania di Grup A Piala Asia U-23 2024. 

Baca Juga

"Memang para pemain inti yang dimainkan hari ini. Jadi performanya sangat baik. Tapi kurangnya mungkin kurang banyak cetak gol. Mungkin kalau fokus lebih seharusnya bisa cetak 3 sampai 4 gol. Tapi secara keseluruhan performa sangat baik," kata Shin Tae-yong usai pertandingan tersebut, Selasa (9/4/2024).

Skuad Garuda Muda telah menggelar pemusatan latihan (TC) di Dubai sejak 1 April 2024 sebagai persiapan menuju kejuaraan tersebut. Sebanyak 28 pemain dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti TC tersebut. Setelah satu pekan bersama, Shin melihat kerja sama tim yang sudah mulai membaik. Para pemain juga disebut sudah mulai bisa mengikuti instruksi pelatih. 

"Pemain sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan permainan kita. Jadi tadi juga memang kelihatan lebih baik juga. Tanggal 15 nanti pastinya akan menjadi lebih baik lagi," ujarnya. 

Pelatih asal Korea Selatan itu juga melihat pemain mengalami perkembangan sejak latihan pertama dan masih ada waktu untuk meningkatkannya sebelum turnamen dimulai. "Pemahaman semakin baik dan pastinya sudah berkembang juga. Masih ada seminggu lagi sampai tanggal 15 jadi masih banyak waktu untuk memperbaiki dan mengembangkan para pemain," kata Shin Tae-yong. 

"Kita akan fokus ke latihan taktik (di waktu tersisa)," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement