Selasa 09 Apr 2024 13:19 WIB

Kemenangan Lawan UEA Jadi Modal Positif Timnas Indonesia U-23 Jelang Piala Asia 15 April

Indonesia akan segrup dengan Qatar, Australia, dan Yordania.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan merayakan gol saat melawan UEA, Selasa (9/4/2024).
Foto: Dok. Pssi
Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan merayakan gol saat melawan UEA, Selasa (9/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Timnas Indonesia U-23 memetik kemenangan tipis 1-0 atas Uni Emirat Arab dalam laga uji coba yang digelar digelar di Shahab Al Ahli Stadium, Dubai, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. Pengamat sepak bola Indonesia, Kesit Budi Handoyo menilai kemenangan itu menjadi modal positif menjelang Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung mulai 15 April 2024 di Qatar.

Witan Sulaeman menjadi pencetak gol tunggal dalam pertandingan tersebut. Hasil ini tentu saja menunjukkan perkembangan positif skuad Garuda Muda setelah sebelumnya ditekuk 1-3 oleh Arab Saudi dalam laga uji coba. Namun yang berbeda pada pertandingan ini, pelatih Shin Tae-yong menjadikannya sebagai simulasi menjelang pertandingan melawan Qatar.

Baca Juga

Kesit mengakui uji coba hanya ajang untuk melihat kemampuan pemain dan melatih taktik yang akan diterapkan untuk kompetisi sesungguhnya. "Terlepas bahwa hasil uji coba bukan menjadi jaminan tim U23 telah menunjukkan kekuatan sebenarnya, kemenangan atas UEA bisa jadi modal yang positif sebelum mereka tampil di Piala Asia U-23," kata Kesit.

"Uji coba hanya sebuah ajang utk melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sebuah tim sebelum turun di pertandingan yang sebenarnya," ujarnya menambahkan. 

Di Piala Asia U-23 2024 Qatar, tim Merah Putih berada dalam grup yang tak mudah bersama Qatar, Australia, dan Yordania di Grup A. Kendati demikian, Kesit optimistis tim asuhan Shin Tae-yong bisa bicara banyak di turnamen tersebut. Menurutnya apapun hasilnya nanti, pasukan Garuda Muda harus fokus berjuang sampai akhir, apalagi PSSI memiliki target untuk lolos ke perempat final.

"Soal optimisme, menurut saya, ya harus tetap ditunjukkan. Meskipun persaingan di grup bersama Qatar, Australia dan Jordania lumayan berat, tim U-23 tetap harus memiliki kepercayaan diri bahwa lawan-lawan tersebut akan bisa diatasi," kata Kesit.

Laga perdana timnas Indonesia di Grup A adalah menghadai tim tuan rumah, Qatar pada 15 April 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Al-Rayyan. Shin Tae-yong masih mempunyai waktu untik mempersiapkan tim sebelum pertandingan tersebut. Mengacu pada laga uji coba melawan UEA, pelatih asal Korea Selatan itu menilai Witan Sulaeman dkk masih kurang fokus.

"Memang para pemain inti yang dimainkan hari ini. Jadi performanya sangat baik. Tapi kurangnya mungkin kurang banyak cetak gol. Mungkin kalau fokus lebih seharusnya bisa cetak 3 sampai 4 gol. Tapi secara keseluruhan performa sangat baik," kata Shin Tae-yong. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement