Rabu 10 Apr 2024 05:23 WIB

Dramatis, Real Madrid dan Manchester City Imbang 3-3 

Kedua tim secara bergantian memimpin pertandingan tersebut.

Rep: Afrizal Rozhikul Ilmi/ Red: Muhammad Hafil
Fede Valverde (tengah) dari Real Madrid merayakan setelah mencetak gol 3-3 pada pertandingan sepak bola leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Manchester City, di Madrid, Spanyol, Rabu (10/4/2024). Dini hari WIB.
Foto: EFE
Fede Valverde (tengah) dari Real Madrid merayakan setelah mencetak gol 3-3 pada pertandingan sepak bola leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Manchester City, di Madrid, Spanyol, Rabu (10/4/2024). Dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Real Madrid dan juara bertahan Liga Champions Manchester City berbagi hasil imbang 3-3 di leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (10/4/2024) dini hari WIB. Kedua tim secara bergantian memimpin pertandingan tersebut, tapi harus puas dengan hasil imbang.

Bernardo Silva membuat City unggul melalui tendangan bebas mendatarnya di menit kedua, namun gol bunuh diri Ruben Dias di menit ke-12 dengan tambahan gol Rodrygo Goes membantu Real Madrid membalikkan keadaan secara dramatis dan sigap.

Baca Juga

Tapi kemudian dua gol cepat Manchester City di babak kedua melalui Phil Foden dan Josko Gvardiol mengejutkan rekor pemenang 14 kali. Mereka akhirnya meraih hasil imbang melalui tendangan voli Fede Valverde di menit ke-79. Laga dramatis itu berlangsung di bawah atap stadion yang tertutup, sehingga menghasilkan suasana yang menggelegar.

Guardiola tidak memasukkan playmaker berpengaruh Kevin De Bruyne setelah pemain Belgia itu mengatakan dia tidak sehat sesaat sebelum pertandingan, dan memilih Mateo Kovacic di lini tengah bersama Rodri Hernandez.

Mantan pelatih Barcelona itu juga memilih Stefan Ortega sebagai penjaga gawang daripada Ederson yang berpengalaman, yang baru saja kembali dari cedera paha, sementara Gvardiol mengatasi keraguan kebugaran untuk menjadi starter.

Pelatih Madrid Carlo Ancelotti memilih gelandang bertahan Aurelien Tchouameni sebagai bek tengah dibandingkan Nacho Fernandez dan tantangan awal dari pemain Prancis itu membuka jalan bagi gol pembuka City. 

Tchouameni dengan kikuk menjatuhkan Jack Grealish setelah 33 detik dan mendapat kartu kuning, yang berarti dia akan melewatkan leg kedua. Dari tendangan bebas, Silva menghukum Madrid lebih lanjut, melewati kiper Andriy Lunin di tiang dekat dengan tendangan rendah yang meluncur ke gawang. 

Ancelotti, yang memiliki rekor pertandingan Liga Champions ke-200 dalam karier kepelatihannya, mengklaim timnya kurang memiliki keberanian dan kepribadian ketika mereka dikalahkan oleh City di semifinal musim lalu, dan kali ini mereka menunjukkan kekuatan mental untuk segera membalikkan keadaan.

Prestasi seperti ini merupakan hal yang biasa dilakukan Madrid di Liga Champions, dan mereka menghasilkan dua gol dalam dua menit, mengingatkan kita pada comeback menakjubkan mereka di semifinal tahun 2022 melawan City berkat dua gol Rodrygo.

Dias membelokkan gol pertama ke gawangnya sendiri saat ia mencoba memblok tendangan jarak jauh Camavinga, dan Rodrygo mencetak gol kedua setelah Vinicius Junior memasukkannya, dibantu oleh defleksi lainnya, dari Manuel Akanji.

Di babak kedua, Foden menyamakan kedudukan timnya dengan tendangan luar biasa, melesat ke sudut atas dari tepi kotak di menit ke-66. Pemain internasional Inggris ini sedang menikmati musim mencetak gol terbaiknya dengan golnya yang ke-22 di semua kompetisi.

Dengan Antonio Rudiger membelenggu Erling Haaland, City mendapat gol dari sumber yang tidak diduga untuk memimpin lima menit kemudian. Upaya ganas bek Gvardiol dari jarak jauh membuat Lunin tidak punya peluang untuk menepisnya. 

Tapi keunggulan City itu tidak bertahan lama. Tendangan voli brilian Valverde dari umpan silang Vinicius melewati Ortega untuk menyamakan skor dan membuat pertandingan siap untuk leg kedua pada 17 April.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement