Selasa 16 Apr 2024 12:18 WIB

Timnas Dijahili Wasit, Ketum PSSI: Masih Ada Dua Pertandingan lagi, Kita Harus Fight

Masih ada dua pertandingan untuk meraup 6 poin.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Winger Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman (kiri), berebut bola dengan bek Qatar, Abdulla Al Yazidi, pada pertandingan pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024).
Foto: Dok PSSI
Winger Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman (kiri), berebut bola dengan bek Qatar, Abdulla Al Yazidi, pada pertandingan pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kekecewaan terasa di kalangan penggemar sepak bola Indonesia. Itu setelah Timnas Indonesia U-23 takluk di partai perdana Grup A Piala Asia U-23 2024.

Garuda Muda kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. Kinerja wasit Nasrullo Kabirov mendapat sorotan. Ia dinilai mengeluarkan beberapa keputusan yang merugikan awak merah-putih.

Baca Juga

PSSI siap melayangkan protes resmi ke Federasi Sepak Bola Asia (AFC). Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan itu. Pada saat yang sama, ia ingin fokus Timnas Indonesia U-23 tidak terganggu.

"Tapi jangan sampai game ini merusak fokus kalian. Kita belum selesai, masih ada dua game lagi. Kita harus fight. Tadi kalian main bersembilan fight, sebelas harus bisa fight. Seluruh rakyat Indonesia, netizen, sosial media, media, semua sama, di belakang kita," kata Erick dalam video yang diunggah di instagramnya, dikutip pada Selasa (16/4/2024).

Tak berlebihan apa yang disampaikan Ketum PSSI itu. Pemain harus tetap berkosentrasi di lapangan. Biarlah federasi mengurusi urusan di luar itu.

Tantangan lain menanti Timnas Indonesia. Pada partai kedua, Garuda Muda jumpa Australia U-23. Laga ini berlangsung di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (18/4/2024), pukul 20.00 WIB.

Kemudian Yordania menunggu di laga pamungkas. Duel tersebut dimainkan di arena yang sama seperti saat meladeni ketangguhan Australia. Tepatnya pada Ahad (21/4/2024), pukul 22.30 WIB.

"Kami semua mendukung kalian. Ini bukan akhir. Fokus untuk memberikan yang terbaik dia dua pertandingan fase grup berikutnya," kata Erick.

Menarik dinantikan bagaimana sepak terjang Marselino Ferdinan dan rekan-rekan selanjutnya. Tak ada target lain. Mereka harus selalu meraih hasil maksimal jika ingin melaju ke babak sistem gugur.

PSSI menargetkan Timnas Indonesia lolos minimal sampai ke perempatfinal. Pada pertandingan berikutnya, Garuda Muda berpotensi diperkuat Justin Hubner. Situasi ini menambah kekuatan di lini belakang awak merah-putih. Sementara Hubner masih beraktivitas di klubnya, Cerezo Osaka.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement