Selasa 16 Apr 2024 14:19 WIB

Giliran Akun IG Federasi Sepak Bola Tajikistan Diserbu Penggemar Garuda, Ada Apa?

Pendukung timnas masih tak terima dengan aksi penuh kontroversi wasit.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pendukung timnas Indonesia.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pendukung timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar Tim Nasional Indonesia benar-benar kecewa dengan hasil kerja wasit Nasrullo Kabirov. Ini setelah Timnas Indonesia U-23 takluk 0-2 dari tuan rumah Qatar pada laga perdana di Grup A Piala Asia 2023 2024.

Kabirov dinilai mengeluarkan beberapa keputusan kontroversial dalam duel di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB itu. Keputusan yang merugikan Garuda Muda. Alhasil, warganet pun bertindak.

Baca Juga

Netizen tanah air mengecam beberapa pihak terkait. Dimulai dari Nasrullo sendiri, kemudian Federasi Sepak Bola Qatar (QFA). Teranyar, Federasi Sepak Bola Tajikistan terkena imbasnya.

Semua karena Nasrullo. Ia berasal dari Tajikistan. Negaranya yang tak berperan apa-apa di pertandingan tersebut, turut mendapat 'serangan'.

"Wasit anda menodai keadilan sebuah pertandingan. Allah akan membalasnya suatu saat nanti," tulis pemilik akun Teguhhartanto21 di kolom komentar Federasi Sepak Bola Tajikistan.

"Pecat wasitmu untuk keindahan sepak bola dan keadilan," tulis pemilik akun Zeinbross.

"The Referee from your country is like a clown, it's unfair because the hots Qatar gave him more money," akun Febrian-Daffa, menambahkan dalam bahasa Inggris.

Masih banyak komentar bernada serupa. Semua karena Nasrullo Kabirov. Dampaknya ke berbagai pihak.

Adapun Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga melihat situasi yang sama. Ada banyak ketidakadilan dalam pertandingan tersebut. PSSI melalui jalur resmi, sesuai regulasi bakal melakukan protes ke AFC (Federasi Sepak Bola Asia).

Protes tentu saja tidak bisa mengubah hasil. Namun pengaruhnya tetap ada. Pertama, kinerja Kabirov akan dinilai ulang.

Jika ia terbukti bersalah, bisa berdampak pada hukuman yang ia keluarkan. Salah satunya mengenai durasi absen Ivar Jenner, dan sebagainya. Publik menantikan keputusan AFC.

Petualangan belum berakhir. Erick terus membakar semangat awak merah-putih. Sebelumnya ia bangga melihat usaha luar biasa yang ditunjukkan Rizky Ridho Ramadhani dan rekan-rekan.

"Ayo tepuk tangan. Ini bukan akhir. Kita main tadi sesuai dengan hati kira. Kami semua selalu mendukung kalian. Fokus untuk memberikan yang terbaik di dua pertandingan fase grup berikutnya," tulis Erick di Instagram miliknya.

Selanjutnya lawan berkelas lainnya menunggu Indonesia. Garuda Muda masih akan berhadapan dengan Australia U-23 dan Yordania U-23.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement