Ahad 21 Apr 2024 23:26 WIB

Tampil Luar Biasa, Indonesia U-23 Unggul Jauh Atas Yordania U-23 di Babak Pertama

Indonesia U-23 bermain dengan taktik aliran bola cepat dari kaki ke kaki.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gelandang Timnas Indonesia U-23 Marselino Ferdinan (tengah) merayakan golnya ke gawang Yordania U-23 di Piala Asia U-23 2024, Ahad (21/4/2024).
Foto: Dok. Pssi
Gelandang Timnas Indonesia U-23 Marselino Ferdinan (tengah) merayakan golnya ke gawang Yordania U-23 di Piala Asia U-23 2024, Ahad (21/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Indonesia unggul lebih dulu di babak pertama laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23 2024 menghadapi Yordania di Stadion Abdullah bin Khalifa, Ahad (21/4/2024) malam WIB. Tim Merah Putih bermain agresif sejak menit awal dan mampu memetik keunggulan 2-0 melalui gol Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman. 

Peluang emas dimiliki Garuda Muda di menit keempat saat Fajar tidak menyerah untuk mengejar bola di sisi kanan, kemudian memberikan kepada Witan yang melanjutkannya dengan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Rafael Struick punya peluang terbuka di depan gawang namun sepakannya masih dapat ditepis kiper.

Baca Juga

Tim Merah Putih mampu bermain agresif di menit-menit awal. Percobaan lain dimiliki dari lemparan ke dalam oleh Arhan. Tembakan ke arag gawang oleh Fajar masih dapag diblokir di lini pertahanan. Sejurus kemudian, lemparan lain dilakukan oleh Arhan dan langsung menuju ke gawang namun tidak ada sentuhan sebelum bola bersarang di gawang Yordania. 

Yordania juga menekan pertahanan Indonesia. Kamal menciptakan peluang bagi Yordania saat ia menerima umpan di sisi kanan namun tembakannya masih meleset dari sasaran. Di menit ke-15 Rafael lolos dari penjagaan saat menerima umpan di depan kotak penalti Yordania. Namun tembakan kaki kirinya masih mengarah tepat ke kiper dan dapat dengan mudah diamankan oleh Juaidi. 

Rafael dilanggar di kotak terlarang ketika hendak menyelesaikan peluangnya. Hadiah penalti pun diberikan. Marselino yang mengeksekusi tendangan titik putih sukses menyarangkan bola ke gawang Yordania di menit ke-23. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia. 

Witan menggandakan keunggulan di menit ke-40. Itu berawal dari umpan Marselino kepada Rizky Ridho di depan kotak penalti yang dilanjutkan dengan umpan kepada Witan. Witan melepaskan tembakan placing ke sudut kanan bawah gawang yang tak bisa digapai oleh kiper. Skor 2-0 untuk Indonesia. 

 

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

 

Yordania (4-4-2): Ahmad Juaidi (kiper); Danial Ahmed Afaneh, Arafat Haj Ibrahim, Amer Rasem Jamous, Faisal Adel Abushanab; Mohammad Abu Taha, Aref Haitham, Sief Adden Darwish, Aon Abbaas Almaharmeh; Bashar Aldiabat, Baker Kamal Kalbouneh

Pelatih: Abdullah Abu Zema

 

Indonesia (5-2-3): Ernando Ari (kiper); Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Muhammad Fajar Faturrahman 

Pelatih: Shin Tae-yong

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement