Rabu 01 May 2024 05:59 WIB

Resmi Jadi WNI, Maarten Paes Ingin Bawa Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia

Maarten Paes saat ini membela FC Dallas di kompetisi MLS di Amerika Serikat.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama Maarten Paes.
Foto: Instagram Erick Thohir
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama Maarten Paes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiper berdarah Indonesia asal Belanda, Maarten Paes, telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI), setelah mengambil sumpah di Jakarta pada Selasa (30/4/2024). Penjaga gawang yang berlaga di kompetisi MLS itu mengaku bangga akhirnya resmi menjadi WNI dan memasang target untuk bisa membawa Indonesia lolos Kualifikasi Piala Dunia.

"Saya sangat bangga. Ini adalah momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia, saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain (bersama timnas Indonesia), " kata Maarten Paes dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (1/5/2024).

Baca Juga

Kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, 14 Mei 1998, saat ini membela FC Dallas. Ia mengaku tidak sabar bergabung dengan timnas Indonesia. Proses selanjutnya adalah mengurus kepindahan federasi. Setelah proses itu selesai, Paes bisa memperkuat timnas Indonesia saat melawan Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni) pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta.

Mantan kiper FC Utrecht itu pun mengungkapkan targetnya bersama timnas Indonesia. Ia berharap bisa memberikan dampak bagi timnas Indonesia.

"Semuanya sudah jelas untuk Juni nanti (Kualifikasi Piala Dunia 2026). Saya rasa bangsa ini layak untuk berada di Piala Dunia, dan itu adalah target utama saya, dan bermain sebanyak mungkin. Serta memberikan dampak (bagi timnas) di dalam dan di luar lapangan. Karena saya juga ingin menjadi contoh bagi generasi yang lebih muda," kata dia.

Di sisi lain, Paes mengaku kagum dengan penggemar sepak bola Indonesia. "Para penggemar di Indonesia sangat luar biasa. Mereka orang-orang paling loyal yang saya tahu, dan mereka orang-orang yang penuh dengan semangat. Bisa dilihat, di Piala Asia U-23 saat ini, bagaimana mereka memberikan dukungan kepada timnas, bahkan hingga di luar stadion," kata Maarten Paes. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement