Kamis 02 May 2024 19:27 WIB

Turnamen IA ITB Cup 2024 Siap Digelar dengan 24 Tim Peserta

Ini adalah tahun kedua turnamen sepak bola antaralumni itu digelar.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) dan Komisariat Persatuan Sepak Bola IA-ITB (PS IA-ITB) akan menggelar IA-ITB Cup 2024 pada 4 Mei hingga 8 Juni 2024. Turnamen tersebut akan diikuti oleh 24 tim dan akan digelar di Lapangan C dan Lapangan Rugby Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.
Foto: Republika/Afrizal
Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) dan Komisariat Persatuan Sepak Bola IA-ITB (PS IA-ITB) akan menggelar IA-ITB Cup 2024 pada 4 Mei hingga 8 Juni 2024. Turnamen tersebut akan diikuti oleh 24 tim dan akan digelar di Lapangan C dan Lapangan Rugby Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) dan Komisariat Persatuan Sepak Bola IA-ITB (PS IA-ITB) akan menggelar IA-ITB Cup 2024 pada 4 Mei hingga 8 Juni 2024. Turnamen tersebut akan diikuti oleh 24 tim dan akan digelar di Lapangan C dan Lapangan Rugby Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Ini adalah tahun kedua turnamen sepak bola antaralumni itu digelar, di mana IA-ITB Cup edisi sebelumnya dijuarai oleh Ikatan Alumni Elektro ITB. Dalam turnamen edisi kedua ini terdapat beberapa perubahan regulasi seperti bertambahnya jumlah pemain madya (40 tahun ke atas) menjadi minimal dua pemain dari setiap tim.

Baca Juga

Adapun tim-tim yang turut serta dibagi sesuai fakultas di ITB. Tujuan dari ajang ini tidak hanya untuk berolahraga, tetapi juga menjadi tempat silaturhami antar alumni. "Kami selalu pembina menyampaikan sedikit bahwa IA ITB ini telah lama didirikan. Jadi yang penting tujuannya adalah untuk olahraga," kata pembina IA ITB, Rizal Kasli di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Selaim perubahan dalam regulasi, panitia IA ITB Cup 2024 juga menambahkan hal menarik lainnya dalam turnamen itu, yakni dengan menggandeng platform pencatat statistik pertandingan, Lapangbola untuk mencatat statistik dari setiap pertandingan di IA ITB Cup. Koordinator Olahraga IA ITB Muhammad Alwi tujuannya adalah untuk memperkenalkan sport science kepada para peserta.

"Kami juga mau memperkenalkan sport science. PS IA ITB ini lengkap dengan statistik. Jadi main bola itu tidak sekadar lihat siapa yang cetak gol, tapi berbagai aspek. Kita juga berdiskusi tentang standar olahraga yang baik," kata Alwi.

Ketua Panitia Pelaksana IA ITB Cup 2024, Adityo menambahkan, kerja sama dengan Lapangbola sekaligus menegaskan posisi ITB sebagai kampus yang memiliki budaya teknologi di Indonesia. "ITB sebagai kampus yang memiliki culture teknologi tahun ini kami menggandeng Lapangbola sebagai ofisial statistik partner," kata Adityo. 

Tak hanya Lapangbola, tapi Amartha, Bank BJB, PT Pesona Khatulistiwa Nusantara, PT Pertamina NRE, PT Antam Resourcindo, PT Antam Tbk, PT Pesona Sukses Indonesia,  PT Pertamina Energy Terminal, PT Unilever Tbk, RS Premier Bintaro, MILLS, Epsylon Dental Specialist, Sunpride, dan Sirka juga mendukung penyelenggaraan turnamen ini.

Dengan hadirnya IA-ITB Cup 2024 ini, diharapkan alumni ITB akan saling berjejaring baik itu alumni muda atau pun senior serta menjaga kesehatan dengan berolahraga, yaitu sepak bola. "Seperti tahun sebelumya, tentu ada beberapa hal yang ingin kami dorong di tahun ini sebagai event olahraga. Hal utama yang kami dorong sebagai peserta tentu profesionalisme dan sportivitas," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement