Rabu 08 May 2024 19:41 WIB

Ini Tiga Pemain Guinea U-23 yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia U-23

Guinea punya beberapa pemain kunci yang bermain reguler di klub-klub Eropa.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Ilaix Moriba (kedua kiri)
Foto: EPA-EFE/Jose Manuel Vidal
Ilaix Moriba (kedua kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Guinea U-23 pada babak playoff perebutan tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Tim asuhan Shin Tae-yong harus waspada dengan lawan yang akan dihadapinya tersebut. Pasalnya, Guinea punya beberapa pemain kunci yang bermain reguler di klub-klub Eropa.

Pelatih timnas Guinea U-23 Kaba Diawara memanggil 19 pemain untuk babak playoff tersebut. Meski masih berusia muda, pemain-pemain Guinea punya kemampuan yang menjanjikan dan terbukti dilirik oleh klub-klub Eropa. 

Baca Juga

Tercatat hanya lima pemain yang dianggil bermain di kompetisi lokal Guinea. Mereka adalah Mory Keita, Bangaly Cisse, Cherif Camara, Mohamed Lamine Soumah, dan Alseny Soumah.

Setidaknya ada tiga pemain kunci yang harus diwaspadai skuad Garuda Muda:

1. Ilaix Moriba (Getafe/Spanyol)

Pemain berusia 21 tahun itu merupakan jebolan akademi Barcelona, La Masia. Ia bergabung sejak 2010, lalu mendapatkan promosi ke tim utama Barcelona pada 2020. Selama memperkuat Barcelona, dia bermain 18 kali dengan torehan satu gol dan tiga assist di La Liga dan Liga Champions 2020/2021.

Namun, Barcelona melepas Moriba ke RB Leipzig pada musim panas 2021. Kini, dia dipinjamkan RB Leipzig ke klub Spanyol, Getafe sejak Januari 2024. Sejauh ini, dia sudah bermain dalam 11 pertandingan terakhir La Liga 2023-2024 dengan menorehkan dua assist.

2. Aguibou Camara (Atromitos/Yunani)

Gelandang berusia 22 tahun itu merupakan salah satu pemain Guinea U-23 yang menjadi langganan timnas senior. Mantan pemain Lille itu sudah mencetak lima gol dari 26 caps bersama timnas Guinea senior.

Saat ini, Aguibou sendiri bermain di klub Yunani, Atromitos. Pada musim keduanya bersama Atromitos, Camara telah mencatatkan dua gol dalam 21 pertandingan di semua kompetisi. 

3. Saidou Sow (Strasbourg/Prancis)

Bek berusia 21 tahun itu telah mengikuti 12 pertandingan dan mencatatkan satu assist Bersama Strasbourg. 

Berikut daftar lengkap pemain Guinea U-23 untuk untuk playoff Olimpiade Paris 2024:

Kiper: Mory Keita (Sangaredi/Guinea), Soumaila Sylla (Reims/Prancis)

Bek: Mohamed Soumah (KAA Gent/Prancis), Madio Keita (Auxerre/Prancis), Bangaly Cisse (Kaloum/Guinea), Cherif Camara (Hafia FC/Guinea), Saidou Sow (Strasbourg/Prancis), Ibrahim Diakite (Stade Laussane/Swiss)

Tengah: Fode Camara (Sfaxien/Tunisia), Agouibou Camara (Atromitos/Yunani), Mohamed Lamine Soumah (Kaloum/Guinea), Alseny Soumah (Horoya/Guinea), Ilaix Moriba (Getafe/Spanyol), Issiaga Camara (Nice/Prancis)

Depan: Ousmane Camara (Annecy/Prancis), Algassime Bah (Olympiakos/Yunani), Momo Toure (FC Van/Armenia), Facinet Conte (Bastia/Prancis), Amadou Diallo (Rennes/Prancis)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement