Kamis 09 May 2024 12:24 WIB

STY Sedih Justin Hubner tak Dilepas Cerezo Osaka

Hubner sedang menjalani masa peminjaman di Osaka.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Indira Rezkisari
Justin Hubner
Foto: dok PSSI
Justin Hubner

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Peran Justin Hubner sangat vital di lini pertahanan Timnas Indonesia U-23. Tepatnya selama Piala Asia U-23 2024 berlangsung.

Hubner baru datang di partai kedua Garuda Muda di Grup A. Saat itu Timnas Indonesia jumpa Australia U-23. Sang bek diturunkan setelah turun minum.

Baca Juga

Itu karena yang bersangkutan belum berada dalam kondisi optimal. Maklum, Hubner menempuh perjalanan jauh dari Jepang menuju Qatar. Ia bahkan tak sempat beristirahat di hotel.

Selepas duel kontra Australia, Hubner tak tergantikan sejak awal. Dimulai dari partai melawan Yordania U-23 sampai di laga perebutan tempat ketiga. Itu menunjukkan betapa pentingnya, jebolan akademi Den Bosch itu di area palang pintu Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-23 finis di urutan keempat di Qatar. Alhasil, awak merah-putih masih memiliki satu pertandingan tersisa.

Skuad polesan Shin Tae-yong dijadwalkan bertemu Guinea U-23 pada playoff memperebutkan tiket Olimpiade Paris 2024. Partai tersebut berlangsung di Centre National du Football de Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024), pukul 20.00 WIB.

Beberapa jam lagi, laga ini berjalan. Sayang, Hubner dipastikan tak bisa turun gunung. Ia tidak dilepas oleh Cerezo Osaka. Pemain yang masih terikat kontrak dengan Wolverhampton Wanderers ini sedang menjalani masa peminjaman di Osaka.

"Saya mengerti keputusan klub. Jadi saya sangat sedih dan menyayangkan karena tidak dilepas. Indonesia tidak sering lolos Olimpiade, apalagi di tahap ini, kesempatan terakhir untuk lolos Olimpiade (Paris 2024)," kata STY, dalam konferensi pers.

Sebetulnya, PSSI telah mengantisipasi hal ini. Pihak federasi memanggil Elkan Baggott. Saat rekan-rekannya berlaga di Qatar, Elkan tetap di Inggris.

Belakangan, tak ada perubahan. Palang pintu 21 tahun itu dipastikan tidak bisa menyusul Garuda Muda ke Prancis. STY  enggan membicarakan hal ini secara detail.

"Untuk Elkan, mungkin dari media Indonesia bisa mengikuti jadwal dan cari tahu sendiri. Itu bisa dilihat sendiri ya,"  ujar juru taktik asal Korea Selatan ini.

Sebelumnya, Rizky Ridho Ramadhani sudah dipastikan hanya menjadi penonton  pada playoff ini. Ridho terkena kartu merah langsung saat Timnas Indonesia U-23 bertemu Uzbekistan U-23 pada semifinal Piala Asia U-23 2024. Alhasil ia absen di dua partai berikutnya.

Pertama pada perebutan tempat ketiga. Berikutnya, dalam duel di depan mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement