Kamis 16 May 2024 19:15 WIB

Akui Ambil Keputusan Berat, Kevin Sanjaya Resmi Umumkan Gantung Raket

Kevin Sanjaya menyusul Marcus Fernaldi Gideon yang lebih dulu memutuskan pensiun.

Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) saat masih bermain dengan Marcus Fernaldi Gideon. Kevin mengumumkan pensiun pada Kamis (16/5/2024).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) saat masih bermain dengan Marcus Fernaldi Gideon. Kevin mengumumkan pensiun pada Kamis (16/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo resmi mengumumkan pensiun dari dunia bulu tangkis. Kevin menyampaikan pengumuman ini lewat akun media sosial Instagram pada Kamis (16/5/2024), tak lama setelah Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengumumkan bahwa Kevin pamit dari Pelatnas Cipayung.

Dalam unggahannya, Kevin bercerita tentan kebahagiaannya terjun ke dunia bulu tangkis, membangun karier profesional bersama rekannya Marcus Fernaldi Gideon, yang lebih dulu mengumumkan pensiun pada Maret.

Baca Juga

Perjalanan Kevin di dunia bulu tangkis dimulai saat ia berusia 5 tahun. Pada usia ke-12, Kevin pun merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-cita sebagai atlet nasional.

Pada 2013, Kevin mendapat kesempatan untuk bergabung ke PBSI di Jakarta dan dipasangkan dengan berbagai atlet, hingga akhirnya berprestasi bersama Marcus. Pasangan ini kemudian dikenal sebagai “The Minions”.

 

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan Marcus Fernaldi Gideon sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World Championship,” kata Kevin.

“Namun, sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini,” ujar sosok yang akan berulang tahun ke-29 pada 2 Agustus mendatang.

Kevin mengaku keputusannya untuk pensiun sebagai hal yang berat. Sebelum itu, ia telah berdiskusi bersama orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk mencapai keputusan final ini.

“Dimulai dari cedera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Ditambah, partner saya cedera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024,” ungkap Kevin.

“Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun, saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan,” kata dia.

Setelah itu, Kevin berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depannya di dunia badminton. “Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas,” tegasnya.

“Beberapa bulan kemudian, akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun, jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton,” jelas Kevin.

Ganda putra yang menduduki peringkat satu dunia terlama itu, hampir empat tahun, kemudian mengucapkan terima kasih untuk para pendukung dan orang-orang yang senantiasa memberikan doa untuk perjalanan kariernya selama ini.

“Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini,” kata Kevin. “Ketahuilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dibilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya. Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo, pamit,” kata Kevin menutup unggahannya.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement