Selasa 21 May 2024 23:53 WIB

Toni Kroos Umumkan Gantung Sepatu Setelah Euro 2024

Final Liga Champions akan jadi laga terakhir Kroos bersama Real Madrid.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Gelandang Real Madrid Toni Kroos.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Gelandang Real Madrid Toni Kroos.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Toni Kroos membuat kejutan. Ia mengumumkan bakal meninggalkan Real Madrid pada akhir musim ini dan gantung sepatu setelah berlaga di Euro 2024.

“Karier saya sebagai pesepak bola aktif akan berakhir musim panas ini setelah turnamen Euro. Seperti yang selalu saya katakan: Real Madrid adalah dan akan menjadi klub terakhir saya,” kata Kroos dalam pernyataannya di Instagram, Selasa (21/5/2024).

Baca Juga

Ia mengenang momen 10 tahun silam, tepatnya 17 Juli 2014, saat ia diperkenalkan Real Madrid kepada publik. Menurut Kroos, itu hari yang mengubah hidupnya sebagai pesepak bola dan juga pribadi.

"Itu adalah awal dari babak baru di klub terbesar di dunia. Setelah 10 tahun, padaakhir musim babak ini berakhir. Saya tidak akan pernah melupakan dekade yang menarik dan sukses ini!" tulisnya.

Kroos telah mencatatkan 463 penampilan untuk Madrid sejak bergabung pada 2014. Ia akan hengkang sebagai salah satu pemain paling berprestasi dalam 120 tahun sejarah Real, memenangkan lebih dari 20 trofi, termasuk empat trofi Liga Champions.

Selain gelarnya bersama Real, sang gelandang memenangkan Piala Dunia 2014 bersama Jerman dan satu lagi gelar Liga Champions bersama Bayern Munchen pada 2013.

Kroos berada di tahun terakhir kontraknya dengan Real. Pada Februari lalu, ia mengumumkan kembali memperkuat timnas Jerman setelah tiga tahun pensiun dari pertandingan internasional, menjelang Euro 2024 di rumah sendiri.

"Saya secara khusus ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang menyambut saya dengan hati terbuka dan mempercayai saya. Namun secara khusus saya ingin mengucapkan terima kasih, para Madridista terkasih, atas kasih sayang Anda sejak hari pertama hingga terakhir," kata Kroos.

Real juga mengeluarkan pernyataan panjang lebar yang memuji Kroos dan warisannya bersama klub.

Kepergiannya terjadi setelah memenangkan ia menjuarai La Liga dan menjelang potensi gelar Liga Champions keenam di Wembley.

“Real Madrid ingin menyampaikan rasa terima kasih dan kasih sayang mereka kepada Toni Kroos, seorang pemain yang telah menjadi bagian dari sejarah Real Madrid dan merupakan salah satu legenda besar klub kami dan sepak bola dunia,” kata klub tersebut.

“Toni Kroos akan selamanya berada di hati seluruh Madridistas atas keunggulan sepak bolanya dan sebagai pemain yang telah memberikan segalanya untuk seragam ini, selalu mewakili nilai-nilai Real Madrid.”

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement