Jumat 24 May 2024 17:19 WIB

Bayer Leverkusen dan Rekor-Rekor tak Terkalahkan yang Mencengangkan di Dunia Olahraga

Arsenal tak terkalahkan pada Liga Primer Inggris musim 2003/2004.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain Leverkusen merayakan dengan trofi saat memenangkan pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Bayer Leverkusen dan FC Augsburg di BayArena di Leverkusen, Jerman, Sabtu, (18/5/2024).
Foto: AP Photo/Martin Meissner
Para pemain Leverkusen merayakan dengan trofi saat memenangkan pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Bayer Leverkusen dan FC Augsburg di BayArena di Leverkusen, Jerman, Sabtu, (18/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rekor tak terkalahkan Bayer Leverkusen akhirnya terhenti pada angka 51. Leverkusen kalah telak 0-3 dari Atalanta dalam laga final Liga Europa, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Klub Jerman itu mencatatkan rekor tak terkalahkan terlama yang pernah dicatatkan sebuah tim di liga sepak bola besar Eropa sejak diperkenalkannya kompetisi Eropa. Selain berjaya di kompetisi domestik, Leverkusen juga tak terusik di kompetisi Eropa sampai Atalanta menumbangkannya.

Baca Juga

Sebelum Leverkusen, sejumlah klub olahraga di dunia juga pernah mencatatkan hal serupa dalam level dan cakupan berbeda. Berikut catatan mentereng tak terkalahkan tim-tim olahraga dunia, dikutip dari AP, Jumat (24/5/2024).

Arsenal

Tim putra dan putri klub sepak bola Inggris Arsenal sama-sama mencetak rekor yang membuat mereka mendapat julukan "Invincibles". Tim putra yang dilatih oleh Arsene Wenger melewati seluruh musim 2003/2004 tanpa terkalahkan di Liga Primer Inggris (26 kemenangan dan 12 seri). Namun catatan ini tak menular di Eropa. 

Tim wanita Arsenal lebih menakjubkan. Mereka tidak terkalahkan dalam 108 pertandingan sejak 2003-2009 dan memenangkan tujuh gelar Liga Inggris berturut-turut.

Steaua Bucharest 

Jika berbicara tentang sepak bola Eropa, tidak ada yang sebanding dengan klub Rumania Steaua Bucharest. Mereka mencatatkan 119 pertandingan tak terkalahkan di dalam negeri pada kurun 1986-1989.  

Tim yang berisi pemain bintang seperti Gheorghe Hagi dan Marius Lacatus tidak kalah dalam 104 pertandingan liga serta 15 pertandingan di kompetisi Piala Rumania. Dalam periode itu, Steaua juga mencapai final dan semifinal Liga Europa.

The Winning Windies

West Indies mendominasi kriket uji coba pada tahun 1980-an dan awal 1990-an, dengan artileri bowler cepat dan pemukul penuh gaya yang membantu tim ini tidak terkalahkan dalam 29 seri uji coba dalam bentuk panjang olahraga ini. Laju ini dimulai pada tahun 1980 - ketika Viv Richards menjadi raja pemukul yang keren dan Andy Roberts serta Joel Garner menjadi bowler yang melepaskan lemparan-lemparan yang mengintimidasi - dan berlangsung hingga tur ke Australia pada tahun 1994-1995.

Kehebatan Rugbi

Rekor tak terkalahkan terbaik rugbi di tingkat internasional adalah milik tim putri Inggris, yang mencatatkan 30 pertandingan beruntun selama tiga tahun tanpa kalah. Dimulai pada Juli 2019 dengan mengalahkan Selandia Baru dan berakhir melawan lawan yang sama di final Piala Dunia Wanita pada November 2022, ketika Inggris harus bermain dengan 14 pemain wanita selama lebih dari satu jam karena satu pemain mendapat kartu merah. Bahkan saat itu, Inggris hampir saja menang, kalah 34-31 di Auckland.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement