Sabtu 25 May 2024 17:39 WIB

Delapan Fakta Menambah Semaraknya Piala FA; MU Sudah Bukan Tandingan City

Saat ini MU bagaikan anak bawang di depan kedigdayaan City.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manchester City.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester City jumpa Manchester United pada partai puncak Piala FA musim 2023/24. Duel tersebut berlangsung di Stadion Wembley, London, Sabtu (25/5/2024) pukul 21.00 WIB.

Kedua tim berjumpa di fase dan arena yang sama, dua musim beruntun. Pada kampanye 2022/23, City keluar sebagai pemenang. Saat itu, the Sky Blues unggul 2-1 atas United.

Baca Juga

Apakah skuad polesan Pep Guardiola bisa mempertahankan apa yang sudah diraih? Atau the Red Devils membalas kekalahan musim lalu?

Jawabannya akan tersaji di arena. Satu yang pasti, sejak menit pertama Derby Manchester ini bakal berlangsung dalam tempo tinggi. Dikutip dari mancity.com, dan berbagai sumber lainnya, berikut sejumlah fakta yang tercipta terkait bigmatch di depan mata.

 

1. Sebelum era terkini, dua tim yang sama, berhadapan di final Piala FA dua musim beruntun, terjadi pada tahun 1884 dan 1885. Saat itu, Blackburn Rovers bertemu klub Skotlandia, Queen's Park. Semuanya dimenangkan  oleh Blackburn (2-1, 2-0).

 

2. Butuh 150 tahun untuk  melihat dua tim Manchester jumpa di final Piala (FA Cup 2022/23), lalu 12 bulan kemudian, City dan United bertempur lagi di panggung yang sama.

 

3. Ini pertama kali City menembus final Piala FA dalam dua musim beruntun, setelah 68 tahun berlalu. Sebelumnya, situasi demikian terjadi pada musim 1954/55, 1955/56.

 

4. Sebelum edisi terkini, terakhir kali MU menembus dua final piala domestik di Inggris, secara beruntun, terjadi pada awal 2000-an. Tepatnya pada musim 2003/04, dan 2004/05.

 

5. Jika kembali meraih kemenangan, maka Manchester City akan mengukir satu rekor baru. City berpotensi menjadi tim Inggris  pertama yang meraih gelar ganda domestik, dalam dua musim beruntun.

 

6. United merupakan tim dengan catatan paling banyak mengalami kekalahan di final Piala FA. Dari 21 kesempatan menembus partai puncak (belum terhitung musim ini), MU sembilan kali tumbang.

 

7. Jika kembali menjadi juara, City akan mengoleksi delapan gelar Piala FA. Itu berarti the Sky Blues sejajar dengan Chelsea FC, Liverpool, Tottenham Hotspur.

 

8. City selalu menang dalam tujuh partai terakhir di berbagai ajang, sebelum pertandingan ini. United meraih dua kemenangan beruntun.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement