Senin 23 Jan 2023 16:36 WIB

Rekor Baru Erling Haaland Usai Cetak Hattrick dalam Kemenangan 3-0 Man City Vs Wolves

Beberapa rekor telah dipecahkan Haaland dan yang lain tinggal dinantikan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Striker Manchester City Erling Haaland.
Foto: Republika.
Striker Manchester City Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erling Haaland memiliki lebih banyak hattrick di Liga Primer Inggris daripada mantan bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo. Striker Manchester City itu memiliki rekor yang sama dengan bomber Liverpool Mohamed Salah.

Haaland sudah sepertiga jalan menuju penghitungan rekor mantan bintang Man City Sergio Aguero dengan 12 hattrick. Haaland telah berada posisi top skorer Liga Inggris selama setengah musim, dengan total 25 gol di pertandingan liga.

Baca Juga

Dalam kemenangan nyaman 3-0 Manchester City atas Wolves, pemain asal Norwegia itu mencetak treble keempatnya, menyelesaikannya hanya dalam 12 menit di setiap babak. Butuh penghitungan golnya untuk menjadi musim yang menakjubkan di semua kompetisi.

Beberapa rekor telah dipecahkan, yang lain tinggal dinantikan. Sebagai buntut dari prestasi mencetak gol terbarunya, BBC Sport, Senin (23/1/2023), melaporkan fenomena Erling Braut Haaland.

- Hattrick Teratas

Seperti yang sudah disebutkan, kuartet hattrick Haaland hanya datang dari 19 pertandingan Liga Primer Inggris. Untuk menunjukkan betapa cepatnya hal itu, orang tercepat berikutnya yang mencapai jumlah treble Liga Primer Inggris yang sama adalah Ruud van Nistelrooy, yang mencetak hattrick keempatnya dalam pertandingan liga ke-65 saat membela Manchester United.

Berikut adalah bagaimana striker Man City itu bersaing dengan tiga lainnya untuk membuat daftar empat hattrick tercepat:

- Erling Haaland: hattrick setelah 19 laga

- Ruud van Nistelrooy: 65

- Luis Suarez: 81

- Alan Sheares: 86

- Robbie Fowler: 89

Aguero, yang merupakan pendahulu Haaland di lini depan Man City, mencetak 12 hat-trick Liga Primer Inggris selama waktunya di Inggris. Tidak ada pemain yang berhasil lebih banyak. Pemain Argentina itu merupakan pencetak gol terbanyak Man City sepanjang masa dengan 184 gol, memainkan 275 pertandingan Liga Primer Inggris untuk klub tersebut. Alan Shearer, yang mencetak lebih banyak gol di Liga Primer daripada siapa pun dengan 260 gol, mencetak 11 treble.

Shearer adalah satu-satunya orang yang mencetak lebih banyak gol dari Haaland dalam satu musim, dengan lima hattrick - pada musim 1995/1996 di mana dia mencetak total 31 gol. Untuk Man City, Shearer sudah berada di urutan kedelapan dalam daftar pencetak hat-trick sepanjang masa di semua kompetisi, daftar yang dipimpin oleh Aguero dengan 16 gol.

Hattrick Terbanyak untuk Manchester City:

- Sergio Aguero: 16 kali dalam 390 laga

- Fred Tilson: 10 kali dalam 275 laga

- Tommy Browell: 8 kali dalam 247 laga

- Dennis Tueart: 6 kali dalam 276 laga

- Eric Brook: 6 kali dalam 493 laga

- Raheem Sterling: 6 kali dalam 339 laga

- Billy McAdams: 5 kali dalam 134 laga

- Carlos Tevez: 5 kali dalam 148 laga

- Tommy Johnson: 5 kali dalam 355 laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement