Kamis 22 Apr 2010 01:54 WIB

Semifinal Liga Eropa, Perjalanan Panjang ke Madrid Tanpa Torres

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto
Rafael Benitez memimpin perjalanan panjang skuad \'The Reds\' dari London menunju Madrid.
Rafael Benitez memimpin perjalanan panjang skuad \'The Reds\' dari London menunju Madrid.

MADRID--Perjalanan panjang Liverpool sejauh dua ribu kilometer lewat jalur darat menuju Madrid tidak akan mempengaruhi performa tim asuhan Rafael Benitez tersebut. Ini disampaikan gelandang Atletico Madrid, Jurado, jelang bentrok kedua tim di leg pertama semifinal Liga Eropa di Vicente Calderon, Kamis (22/4) waktu setempat.

"Saya turut bersimpati, mereka harus menempuh jarak begitu jauh, meskipun saya berpikir itu tidak akan membuat perbedaan di lapangan. Di semifinal seperti ini setiap pemain menggunakan seluruh tenaga dan kami tidak memikirkan lelah," ujar Jurado.

Pelarangan sejumlah penerbangan di Eropa akibat abu vulkanik dari gunung berapi Eyjafallajoekull di Islandia ikut mengganggu tim-tim yang berlaga di kompetisi benua biru tersebut. Tim dan ofisial Liverpool berangkat ke kota London menumpang kereta Selasa siang.

Dari ibukota Inggris tersebut, skuad The Reds menggunakan kereta cepat Eurostar ke Paris. Istirahat satu malam di Paris, rombongan kembali melanjutkan perjalanan memakai kereta menuju Bordeaux pada Rabu (21/4). Terakhir Steven Gerrard dan kawan-kawan menaiki penerbangan menuju Madrid.

Para pemain Liverpool menghabiskan waktu di kereta menuju London dengan membaca majalah, bermain kartu, dan menjelajahi internet lewat notebook yang mereka bawa.

Benitez khawatir fans fanatik Liverpool yang biasanya selalu mendukung mereka di laga tandang tidak bisa hadir ke Madrid. "Kami punya fans yang fantastis di belakang kami saat tampil di laga kandang. Saya kecewa mereka mungkin tidak bisa berada di sana," katanya.

The Reds berharap bisa mendapatkan dukungan dari sekitar 1.600 fans di laga tersebut. Namun ofisial kelompok suporter, Les Lawson, mengatakan, tidak mendapatkan banyak bantuan dari UEFA.

Nasib lebih baik dialami Fulham yang hanya menghabiskan waktu sekitar 10 hingga 12 jam untuk tiba di Hamburg. Fulham ditantang Hamburg SV di HSH Nordbank Arena.

Tanpa Torres

Sementara itu, tidak akan ada laga emosional di Madrid dengan absennya striker Fernando Torres di kubu Liverpool. Torres adalah pujaan suporter 'Los Rojiblancos' sebelum hengkang ke Liverpool pada Juli 2007. Ia menjalani operasi lutut, akhir pekan lalu dan akan absen sekitar enam pekan.

Beruntung bagi Liverpool, striker Sergio 'Kun' Aguero juga tidak bisa bermain karena akumulasi kartu. Winger Atletico, Jose Antonio Reyes, menyebutkan timnya lebih kehilangan Kun dibandingkan Liverpool tanpa Torres. "Kedua tim sangat kehilangan tapi saya percaya absennya Kun lebih terasa karena dia pemain kunci bagi Atletico," ucap pemain yang pernah memperkuat Arsenal di Liga Primer Inggris ini.

Atletico kesulitan bersaing di La Liga musim ini namun menembus final Piala Raja musim ini serta semifinal Liga Eropa. Gerrard menilai Atletico punya kemampuan untuk mengalahkan tim mana pun jika sedang berada dalam performa terbaik.

"Mereka sedikit mirip seperti kami. Terkadang  berharap mereka menang, tapi kemudian mereka kalah," kata Gerrad seperti dikutip harian As. "Ini akan menjadi laga yang berat. Trofi ini sangat penting bagi kedua klub dan atomosfer nanti pasti sensasional."

 

Perkiraan susunan pemain

Atletico Madrid (4-2-3-1)

Kiper: David De Gea

Belakang: Juan Valera, Alvaro Dominguez, Tomas Ujfalusi, Antonio Lopez

Tengah: Paulo Assuncao, 8-Raul GarciaJose , Jose Antonio Reyes, Jurado, Simao Sabrosa

Depan: Diego Forlan

Liverpool (4-5-1)

Kiper: Pepe Reina

Belakang: Glen Johnson, Daniel Agger, Jamie Carragher, Sotiris Kyrgiakos

Tengah: Lucas, Javier Mascherano, Steven Gerrard, Yossi Benayoun, Dirk Kuyt

Depan: David Ngog

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement