Rabu 28 Apr 2010 19:07 WIB

Reunifikasi KONI dan KOI, Diwacanakan

KONI dan KOI diwacanakan direunifikasi
KONI dan KOI diwacanakan direunifikasi

JAKARTA--Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) diwacanakan digabung menjadi satu atau reunifikasi. Wakil Ketua Litbang KONI, Sony Teguh, Selasa malam (27/4), mengatakan, wacana reunifikasi didasarkan pada kondisi Indonesia saat ini, terutama dalam hal pembinaan olahraga.

"Dengan ada dua lembaga yang mengurusi olahraga prestasi di Indonesia, maka membutuhkan biaya yang besar. Jadi, harus disinergikan," ujar Sony di sela Rapat Anggota KONI 2010.

Menurut Sony, idealnya untuk mengurus olahraga hanya diperlukan satu lembaga, yaitu KONI. Namun, untuk tugasnya tetap, yaitu untuk urusan ke dalam dan ke luar. Dengan hanya diurus oleh satu lembaga, kata dia, semuanya bisa diefektifkan, termasuk sumber daya manusia (SDM) maupun anggaran yang dibutuhkan. "Ini baru sebatas usulan dari KONI. Jadi, KOI belum mengeluarkan pendapatnya tentang hal ini," katanya menambahkan.

Sony mengatakan penyatuan dua lembaga ini perlu proses karena pembentukan dua organisasi itu berdasarkan undang-undang. Karena itu, diperlukan masyawarah nasional (munas) untuk menentukan tidak lanjutnya.

Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo saat dikonfirmasi membenarkan jika ada wacana melakukan penggabungan antara KONI dan KOI. "Dilihat kondisi saat ini penggabungan memang cukup realistis. Namun, semuanya perlu proses," katanya.

Menurut Rita, untuk menindaklanjuti wacana itu pihaknya terlebih dahulu akan meminta masukan serta persetujuan dari pengurus daerah. Jika semua menyetujui, lanjut dia, tahapan selanjutnya adalah menyerahkan kepada pemerintah selaku penentu kebijakan dalam mencari solusinya.

sumber : antaranews.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement