Rabu 05 May 2010 09:01 WIB

Fachri: Pelatih Asing Belum Tentu Maksimal

Fachri Husaini
Foto: goal.com
Fachri Husaini

JAKARTA--Mantan asisten pelatih timnas sepak bola Indonesia Fachri Husaini mengaku, meski timnas akan dilatih oleh pelatih asing hasilnya belum tentu maksimal. "Siapapun yang akan melatih timnas baik lokal maupun asing hasilnya akan sama," kata pelatih klub ISL Bontang FC itu saat dikonfirmasi dari Jakarta, Selasa.

Menurut dia, persoalan sepak bola Indonesia dengan negara yang lain berbeda. Meski demikian, bisa lebih baik jika sistem kompetisi dan pembinaan usia muda berjalan dengan baik. PSSI saat ini telah memutuskan pelatih yang akan menangani timnas U-23 dan senior adalah Alfred Rield yang sebelumnya pelatih timnas Laos dan Vietnam. "Meski telah sukses di Laos dan Vietnam belum tentu sukses disini. Persoalannya disini berbeda dengan negara itu," kata mantan asisten pelatih timnas diera pelatih Peter White itu.

Ia menambahkan, dengan dipilihnya Riedl banyak mantan pemain dan pelatih yang mempertanyakan karena banyak pilihan yang dinilai lebih baik dibandingkan Afred Riedl diantaranya adalah Ruud Kroll. "Pelatih sehebat Peter White yang telah memiliki nama saja juga gagal membawa timnas Indonesia," kata mantan pemain timnas itu.

Senada dikatakan mantan asisten pelatih timnas diera kepelatihan Benny Dolo, Widodo Cahyono Putro. Menurut dia, siapapun yang akan melatih timnas akan menemui kendala yang sama karena pemain Indonesia memiliki karakter unik. "Siapapun yang menjadi pelatih sebetulnya kami tidak mempermasalahkan. Yang jelas pelatih harus mengetahui karakter seluruh pemain," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, yang sangat dibutuhkan timnas saat ini adalah pembangunan infrasruktur yang mendukung kegiatan timnas, karena selama ini pemusatan latihan belum bisa maksimal. Dengan adanya infrastruktur memadai, pembinaan usai muda yang tepat serta pemilihan pelatih yang sesuai kebutuhan pihaknya yakin prestasi timnas sepak bola akan lebih baik.

Sementara itu, Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengatakan, penunjukkan Afred Riedl sebagai pelatih timnas U-23 dan senior sudah final dan akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat. "Komunikasi terus kami lakukan dan semuanya telah beres. Besok, Rabu (5/5) kami akan menjelaskan semuanya terkait Alfred Riedl," katanya saat dikonfirmasi.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement