Jumat 04 Jun 2010 06:01 WIB

Pesta Gol, Sriwijaya Lolos ke 8 Besar Piala Indonesia

Rep: Maspril Aries/ Red: Endro Yuwanto
Rahmad Darmawan, pelatih Sriwijaya FC, mengantar timnya ke babak 8 Besar Piala Indonesia.
Rahmad Darmawan, pelatih Sriwijaya FC, mengantar timnya ke babak 8 Besar Piala Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Jalan Sriwijaya FC mempertahankan gelar juara Piala Indonesia pasca terpuruknya tim berjuluk 'Laskar Wong Kito' itu dalam Liga Super Indonesia, mulai terbuka.

 

Sriwijaya mengalahkan PS Mojokerto Putra (PSMP) 10-0 di Stadion Gelora Sriwijaya, Kamis (3/6). Kemenangan ini menempatkan mereka berada pada peringkat dua grup J dan berhak lolos ke babak delapan besar bersama Persija yang berhasil menekuk Persisam Samarinda dengan skor 1-0.

 

Anak asuh Rahmad Darmawan yang bertekad lolos dari grup J, harus menang melawan PSMP Mojokerto minimal dengan selisih gol di atas 5 – 0. Akhirnya, dalam pertandingan yang diguyur hujan Sriwijaya berpesta gol di gawang PSMP.

 

Sriwijaya yang sejak menit awal bermain menekan baru bisa membobol gawang PSMP pada menit tujuh pemain melalui pemain depan Obiora. Obiora yang diganti oleh Rahmat Rivai pada pertandingan ini berhasil mencetak empat gol ke gawang Aris Novoandi.

 

Sampai babak pertama berakhir Sriwijaya FC sudah unggul dengan sembilan gol yang diciptakan lima pemain lainnya yaitu Zah Rahan menit 18, Arif Suyono menit 20, Tony Sucipto menit 32, dan Amirul Mukminin yang masuk menggantikan Arif Suyono yang cedera berhasil merobek gawang PSMP menit  42. Gol kesembilan dicetak kapten tim Kayamba Gumb menit 45.

 

Pada babak kedua pelatih Rahmad Darmawan menarik dua pemain asingnya, Anoure Obiora digantikan Rachmat Rivai dan  Zah Rahan  digantikan Alamsyah Nasution. Sampai pertandingan babak kedua berlangsung 89 menit tidak ada gol yang tercipta, walau Sriwijaya terus melakukan tekanan ke gawang PSMP.

 

Baru pada menit 90 Rachmat 'Poci' Rivai menggenapkan kemenangan juara Piala Indonesia tahun 2009 ini dengan gol ke-10. Sriwijaya FC akhirnya menang dengan skor telak 10 – 0.

 

Pelatih Rahmad Darmawan bersyukur anak asuhnya bisa lolos ke babak delapan besar untuk selanjutnya berkonsentrasi memenangi babak tersebut dan mempertahan Piala Indonesia di Bumi Sriwijaya.

 

Sriwijaya berada pada peringkat dua grup J dengan poin lima dari hasil pertandingan dua kali seri saat melawan Persisam Samarinda dan Persija Jakarta. Persija sendiri dengan kemenangan 1 – 0 atas Persisam dalam pertandingan waktu yang sama di Solo menjadi juara grup dengan poin 7 dari hasil dua kali menang dari PSMP dan Persisam.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement