Jumat 08 Oct 2010 03:45 WIB

Akhirnya Pedrosa Absen di Sepang

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto
Dani Pedrosa
Dani Pedrosa

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA--Dani Pedrosa berharap dapat kembali ke lintasan pada balapan motoGP di Sepang, Malaysia, Ahad (10/10). Namun, Repsol Honda memutuskan pebalap yang menderita patah tulang selangka tersebut absen pada balapan Malaysia untuk memulihkan kondisinya.

"Sangat kecil kemungkinan Pedrosa dapat melakukan perjalanan dari Spanyol. Setelah beberapa pertimbangan, dia memahami keputusan untuk berada di rumah dan melanjutkan pemulihannya," kata Honda melalui pernyataan resminya, Kamis (7/10).

Pedrosa mengalami kecelakaan pada sesi balapan di Jepang akhir pekan lalu. Pebalap Spanyol tersebut terpaksa absen pada balapan di Jepang setelah menderita patah tulang selangka di beberapa bagian.

Pebalap Honda Repsol tersebut langsung diterbangkan ke Barcelona, Spanyol, untuk menjalani operasi. Setelah operasi pemasangan lempengan titanium pada bahunya berjalan dengan lancar, Pedrosa pun dijinkan keluar dari rumahsakit Senin (4/10) lalu.

Pedrosa sempat menyatakan belum ingin menyerah dalam perburuan gelar juara dunia musim ini dan berharap dapat tampil di Malaysia. Dokter menyatakan proses penyembuhan runner-up 2007 tersebut berjalan dengan baik. "Ada sedikit harapan saya dapat tampil di Malaysia, tapi realistisnya saya kembali di Australia," kata Pedrosa.

Honda juga memutuskan tidak mengganti pebalap pengganti untuk lomba akhir pekan ini. Andrea Dovizioso yang berhasil meraih pole position di Jepang akan membalap sendirian untuk Repsol Honda. Pebalap Italia yang berada di posisi kedua tersebut berharap meraih hasil yang sama ketika finis kedua di Motegi pekan lalu.

"Saya tak sabar berlaga di Malaysia. Kami tiba dengan kondisi yang sangat bagus setelah tidak hanya berhasil meraih podium di Motegi, tapi juga seluruh rangkaian balapan di mana kami dapat mencatat waktu tercepat dan konsisten," kata pebalap 24 tahun itu.

Bila Pedrosa absen di Malaysia, maka Jorge Lorenzo hanya butuh finish keenam di Malaysia untuk meraih gelar juara pertamanya musim ini. Pedrosa menjadi satu-satunya pebalap yang dapat menggagalkan upaya kompatriotnya asal Spanyol tersebut. Saat ini, Lorenzo memimpin klasemen sementara dengan keunggulan 69 angka.

Lorenzo mengatakan, pikirannya saat ini terfokus untuk memastikan gelar juara dunia kelas premier di Malaysia. "Yang saya pikirkan hanyalah tentang balapan akhir pekan ini dan bila saya memenangi gelar.. Itu adalah mimpi saya dan sangat menyenangkan bila meraihnya di Sepang," kata pebalap Fiat Yamaha tersebut.

Lorenzo berharap balapan akan berlangsung di cuaca yang bersahabat mengingat tahun lalu lomba berlangsung di tengah hujan deras. "Lintasannya sangat panjang dan modern, tapi cuaca dapat menjadi masalah karena bisa terlalu panas dan juga hujan deras," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement